5 Tips Membuat Video YouTube SEO Friendly

merupakan salah satu mesin pencari kedua setelah yang mempunyai jumlah pengunjung terbanyak. Youtube SEO juga lebih dapat memungkinkan untuk monetisasi pada konten videomu. Pada saat kamu memiliki jumlah penayangan yang sudah memenuhi kriteria, maka kamu dapat menghasilkan rupiah dari sebuah video di Youtube.

Sebab itu kamu harus tahu bagaimana untuk meningkatkan peringkat sebuah video di youtube menggunakan Youtube SEO yang lebih friendly. Video pada Youtube juga membutuhkan optimasi untuk SEO supaya memiliki peringkat di hasil mesin pencarian.

Cara Membuat Video Youtube SEO Friendly

Berikut ini adalah tips untuk lebih mengoptimasi Youtube SEO untuk lebih meningkatkan peringkat video milikmu pada mesin pencarian :

1. Memakai judul dan kata kunci yang tepat

Judul video ini akan menjadi kunci untuk seseorang tahu apa isi video di dalamnya. Memilih judul yang baik dan tepat akan bagus untuk pengunjung juga algoritma pada Youtube SEO. Memiliki judul yang tepat dan sesuai dengan isi konten merupakan cara supaya videomu lebih bisa memperoleh optimasi SEO.

2. Isi deskripsi video di Youtube

Jangan lupa untuk menulis deskripsi pada video tersebut. Keterangan di dua hingga tiga baris yang pertama memang sangat penting untuk mendapatkan peringkat yang tinggi dan baik dalam mesin pencarian. Berikan sebuah deskripsi yang singkat dalam dua sampai tiga baris yang memuat tentang tema video dan apa yang ada di dalam video tersebut.

Baca Juga:  7 Trik Meningkatkan Penghasilan Adsense Youtube

Pakailah kata kunci auto complete pada mesin pencarian sebagai deskripsi pada video. Jika kata kunci yang sedang dicari ada dalam dua baris deskripsi pada video milikmu, maka video milikmu akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi lagi.

3. Menyesuaikan nama file video

Ketika kamu akan mengupload sebuah file video ke dalam akun Youtube milikmu, selalu gunakan nama file ketika proses tersebut dilakukan. Jangan memakai nama file yang default karena akan berpengaruh dengan SEO dari video yang kamu upload itu, mengubah file tersebut sesuai dengan isi dari konten video milikmu.

4. Pakai Closed Caption

Pada fitur CC yang ada di Youtube akan lebih membuat audiens lebih dapat memahami narasi dalam video dan akan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa yang berbeda-beda. Menggunakan CC merupakan salah satu cara yang baru untuk dapat masuk ke dalam indeks mesin pencarian karena di dalamnya juga terdapat beberapa kata kunci dari video tersebut, selain itu penggunaan CC juga bertujuan untuk memudahkan orang-orang yang memiliki masalah dengan pendengaran supaya lebih memahami video tersebut dengan mudah.

5. Menggunakan keyword research dan tag 

Tag juga merupakan cara membuat Youtube SEO yang penting untuk lebih mudah dalam mendapatkan sebuah peringkat, berikut ini cara menggunakan sebuah tag di dalam video :

  • Membuat daftar tag yang spesifik, tulis kata kunci utamanya supaya algoritma lebih mudah untuk membaca konten milikmu.
  • Berikan tag yang umum untuk digunakan, tulis kata kunci yang dikenal oleh khalayak ramai dan tentunya sesuai.
  • Sertakan tag yang memiliki ejaan yang keliru, misalkan kamu gunakan “SEO sebenarnya, maka juga sertakan “SEO sebenarnya “. Hal itu berfungsi untuk mencari tahu bagaimana seseorang mencari video milikmu, periksalah pada video di Youtube analytics dan juga traffic resources. 
  • Menyertakan bentuk tunggal dan jamak dari tag yang kamu pakai, jika kamu memakai kata kunci apple mango, maka kamu sertakan juga kata kunci tersebut dan juga pisahkan kata kunci ke dalam tag yang berbeda seperti “mango” dan “apple”.
  • Sertakan juga frasa tag seperti log tail keyword yang kamu pakai.
Baca Juga:  7 Tips Optimasi Video Youtube

Artikel Terkait