Semakin Jernih! Siaran TV Digital Sudah Tersedia

Siaran sudah mulai tersedia dan diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dengan adanya ini, masyarakat bisa menikmati tayangan televisi dengan kualitas yang lebih jernih dan juga bagus. Siaran ini ditengarai minim intervensi dan gangguan sehingga bisa menyajikan penayangan televisi yang lebih baik. Sesuai dengan target dari Kominfo, kapan siaran TV digital di Indonesia dimulai sudah akan segera diimplementasikan.

Kominfo sendiri menjelaskan bahwa migrasi TV analog ke digital (dikenal sebagai Analog Switch Off atau ASO) akan dimulai pada bulan April 2022. Program migrasi ini ditargetkan akan selesai pada 2 November 2022. Demi menciptakan terwujudnya program ini, maka Kominfo mulai melakukan pembenahan. Berdasarkan info dari Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ismail, dijelaskan bahwa sebanyak 291 dari 697 (sekitar 41,75%) lembaga penyiaran sudah memiliki siaran secara digital.

Langkah-Langkah Pemeriksaan Siaran TV Digital

Untuk melakukan pemeriksaan siaran TV digital, terdapat langkah-langkah yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa macam langkahnya:

1. Memeriksa Perangkat Televisi

Untuk bisa menikmati siaran digital, pastikan bahwa televisi yang Anda miliki sudah bukan TV tabung lagi dengan sistem analog. Ciri yang paling jelas adalah pada spesifikasi TV yang memang sudah memiliki DVB-T2. TV analog sebenarnya masih bisa menangkap siaran digital namun dibantu dengan menggunakan . Perangkat tambahan ini berfungsi menjadi konversi antara siaran digital ke siaran analog. Nantinya, pemerintah akan membagikan set top box secara gratis bagi keluarga yang memang tidak mampu.

2. Memeriksa Situs Kominfo

Untuk melihat area mana saja yang sudah mendukung siaran digital, Anda bisa mengecek langsung dengan mengunjungi situs Kominfo di https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Situs ini akan memuat informasi mengenai lokasi dan area mana yang memang sudah tersedia untuk siaran digital tersebut. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah menentukan apakah ini waktu yang tepat untuk upgrade televisi Anda atau belum.

3. Aplikasi 2022

Untuk mengetahui coverage secara lebih praktis, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi yang dirilis oleh Kominfo. Aplikasi ini bisa membantu bagaimana kualitas sinyal yang ada di area Anda sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan pengaturan terkait dengan penempatan TV. Ini juga bisa membantu Anda untuk menentukan apakah Anda akan membeli TV jenis TV DVB-T2 atau STB DVB-T2. Unduh saja aplikasi ini di Playstore lalu buka aplikasinya. Beri akses izin pada aplikasi ini dan cek warna yang muncul pada area peta. Sinyal yang paling kuat berwarna merah dan sinyal yang lemah berwarna putih.

Melalui siaran digital, nantinya kualitas tayangan televisi akan semakin baik dan jernih. Sinyal dari siaran digital juga lebih kuat dan stabil sehingga Anda akan terbebas dari gangguan. Jika pada TV analog Anda sering melihat kualitas siaran yang buruk dan suara yang juga kurang jernih, maka hal ini bisa teratasi melalui siaran digital.

Status penerimaan sinyal dari siaran digital juga hanya ada dua yaitu terima (1) atau tidak (0). Jika siaran bisa diterima, maka gambar dan suara yang tayang akan sangat jernih. Sementara jika tidak bisa menangkap sinyal, maka tidak akan ada tayangan sama sekali. Berbeda dengan TV analog yang memang kadang masih sering tampil tapi tidak jernih.

Dengan adanya perubahan ini, maka masyarakat Indonesia akan mendapatkan kualitas siaran yang lebih baik. Jadi bagaimana, sudah siap untuk upgrade televisi? Mari sambut siaran TV digital ini dan segera rencanakan untuk beli TV baru.

Artikel Terkait