Pilihan Software Desain Rumah Yang Cocok Dipelajari Bagi Pemula

Untuk kebutuhan dan interior, Anda sekarang sangat disarankan pakai . seperti ini menggunakan efek 3D yang memastikan informasi tampilan rumah menjadi jelas. Denah bagian dalam rumah dan aspek tampilan luarnya bisa sekaligus dilihat menggunakan alat ini.

Untuk para pemula yang baru belajar desain rumah, ada beberapa pilihan software yang bisa Anda coba. Berikut adalah beberapa pilihannya:

ArchiCAD

Aplikasi software desain rumah ini sudah cukup terkenal pada dunia arsitek dan desain rumah. Sebagai alat desain, ArchidCAD mampu digunakan untuk desain dalam bentuk 2D atau 3D. Banyak perguruan tinggi mengajarkan penggunaan tool ini juga.

Bagi para pemula, ArchiCAD cocok karena banyak tutorial tersedia. Karena tool standard untuk beberapa perguruan tinggi, Anda bahkan bisa temukan module buku pelajaran seputar ini. Belajar dengan banyak sumber akan lebih baik daripada eksperimen sendiri dengan tool ini.

AutoCAD Architecture

AutoCAD Architecture juga sangat recommended. Banyak orang download software desain rumah ini sebagai pilihan premium. Software ini memiliki kemampuan design untuk segala range. Mulai dari desain sederhana sampai advance yang perlu perhitungan khusus.

Sebagai alat desain, banyak pilihan bisa Anda gunakan termasuk opsi add-ons. Jadi jika ada tambahan design prebuild yang ingin dimasukan, Anda cukup install add-ons dalam software ini. Selain memiliki banyak opsi di versi premium, software ini juga sediakan versi trial gratis untuk Anda coba.

Chief Architect

Ingin desain lebih cepat? Software desain rumah ini sangat pas digunakan. Penggunaan alat desain ini lebih mudah karena seperti menempelkan banyak prebuild model untuk desain rumah. Anda tidak perlu gambar dari nol, cukup buka prebuild layout dan Anda sudah bisa buat desain dari situ.

Baca Juga:  4 Tips Belajar Software Desain Rumah Cocok Bagi Para Pemula

Sayangnya, harganya bisa mahal. Versi trial dari software ini tidak ada dan Anda harus siapkan uang sekitar 200 USD. Walaupun begitu, jika butuh tool konsisten yang berguna untuk desain, Chief Architect sangat bagus.

SketchUp

Ingin sketsa manual untuk kebutuhan desain? SketchUp menyediakan fitur ini. Anda bisa gambar manual dengan bantuan tablet dan memunculkan gambarnya di software ini. Selain itu, SketchUp bisa digunakan seperti tool CAD juga karena ada sistem prebuild yang tinggal ditaruh.

SmartDraw

Software desain 3D ini merupakan program kecil dan menggunakan template ruangan dan perabot. Biasanya fokus program ini lebih ditujukan sebagai software desain interior. Tapi pada beberapa opsinya ada pilihan material bangunan dan juga bentuk denah rumah. Tampilannya sudah 3D dan cukup kompeten digunakan para pemula.

Planner 5D

Software desain rumah menjadi alat jitu bagi Anda pemula desain dan arsitek freelance. Selain ada versi free-nya, software ini menyediakan simulasi ruangan yang mudah dijelajahi dengan kamera perspektif. Batasan desain hanya menggunakan template, tapi cukup advance. Anda dengan mudah membuat banyak desain rumah dan bahkan membuatnya sampai beberapa lantai. Menarik bukan?

Sekian bahasan tentang pilihan software desain rumah yang cocok dicoba bagi pemula. Perlu diingat bahwa fungsi dan kelebihan software sangat berbeda. Program seperti AutoCAD sering digunakan sebagai standar proyek arsitek. Software ini bisa dipelajari untuk penggunaan basic, tapi tawarkan juga hal yang lebih advance.

Di sisi lain SketchUp menyediakan layanan lebih manual tapi simple digunakan. Penggunaan advance-nya tidak semudah AutoCAD, tapi untuk sekedar sketsa desain rumah, alat ini baik. Karena perbedaan ini, Anda harus pastikan hanya pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga:  Beberapa Software Desain Untuk Mengedit dan Membuat Gambar yang Ramah Untuk Pemula

 

Artikel Terkait