Jangan Sampai Keliru! Ini Kode Bank BSI Yang Benar

Kode Bank BSI – Saat melakukan transaksi kirim uang ke rekening bank yang berbeda, biasanya Anda akan diminta untuk memasukkan kode bank tujuan terlebih dulu. Tiap-tiap bank yang beroperasi di Indonesia tentunya mempunyai kode bank yang berbeda-beda. Lalu, berapa kode sandi ? Pertanyaan ini kerap muncul mengingat BSI adalah gabungan dari tiga bank syariah ternama di Indonesia yang melakukan merger, yaitu Mandiri Syariah, BRI Syariah, dan BNI Syariah. Tanpa perlu berlama-lama, Anda bisa mengetahui kode bank dari tersebut melalui artikel berikut ini.

Profil Bank Syariah Indonesia

Sebagian dari Anda mungkin belum familier dengan Bank Syariah Indonesia atau BSI. Banyak yang mengira bahwa BSI adalah perusahaan baru, padahal tidak demikian. Jadi, perlu Anda ketahui bahwa BSI merupakan merger atau gabungan dari tiga bank syariah yang ada di Indonesia, yaitu Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah, dan BNI Syariah. Proses merger ketiga bank syariah yang sudah direncanakan sejak tahun 2020 ini, akhirnya mendapatkan ketok palu pada tanggal 1 November 2021 silam.

Selama proses penggabungan tiga bank syariah tersebut, para nasabah Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah, dan BNI Syariah diberikan waktu untuk mengajukan migrasi bank. Proses migrasi ini bertujuan untuk memperbarui berbagai komponen perbankan untuk nasabah seperti buku tabungan, debit card, dan akun m-banking terbaru atas nama Bank Syariah Indonesia. Dengan tetap menerapkan regulasi hukum Islam, kehadiran Bank Syariah Indonesia diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para semua nasabah.

Informasi Tentang Kode Bank BSI Syariah

Perubahan buku tabungan, kartu debit, dan akun m-banking juga diikuti dengan pergantian kode bank BSI yang dibutuhkan untuk keperluan transfer uang. Kode bank BSI adalah deretan 3 angka unik yang jadi identitas sebuah perusahaan perbankan, dalam hal ini Bank Syariah Indonesia. Bagi Anda yang ingin melakukan transaksi kirim uang ke nomor rekening bank yang berbeda, wajib menyertakan tiga angka unik tersebut. Pengisian kode bank ini jadi syarat transaksi transfer uang yang dilakukan melalui berbagai cara baik SMS, ATM, mobile banking, dan internet banking. Jika Anda adalah salah satu nasabah Bank Syariah Indonesia, maka jangan lewatkan informasi no kode bank BSI berikut ini.

Sebelum melakukan merger, Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah, dan BNI Syariah memiliki kode bank yang berbeda-beda. Kode Bank Mandiri Syariah adalah 451, BRI Syariah adalah 422, dan kode bank BSI eks BNI Syariah adalah 427. Namun setelah sistem merger berhasil diselesaikan, maka sudah ditetapkan bahwa seluruh nasabah Bank Syariah Indonesia memakai kode bank BSI 451. Jadi bagi Anda yang ingin melakukan transaksi kirim uang ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI), bisa memasukkan nomor kode bank 451 sebelum memasukkan nomor rekening tujuan.

Namun sebelum melakukan transaksi kirim uang tersebut, pastikan dahulu bahwa rekening BSI tujuan sudah melakukan migrasi ke sistem BSI yang baru. Pasalnya, Anda tidak bisa memasukkan kode bank BSI 451 jika nomor rekening tujuan belum melakukan proses migrasi. Jika terjadi hal demikian, maka Anda tetap memakai kode bank BSI ex BRI Syariah 422, dan kode bank BSI ex BNI Syariah 427 pada opsi pilihan kode bank.

Biaya Administrasi Transfer Uang ke Rekening Bank Syariah Indonesia

Saat melakukan pengiriman uang ke nomor rekening bank yang berbeda, Anda tentunya akan dikenai charge atau biaya administrasi. Biasanya biaya admin untuk transfer uang ke lain bank adalah 6500 rupiah per transaksi. Hal ini juga berlaku untuk transaksi kirim uang dari bank lain ke rekening Bank Syariah Indonesia. Jika tidak ingin dikenai biaya administrasi tambahan, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang menyediakan layanan bebas biaya admin transfer bank. Tentunya, hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh aplikasi tersebut.

Langkah-langkah Transfer Uang ke Rekening BSI via ATM

Setelah mengetahui kode bank BSI yang benar, selanjutnya Anda bisa melakukan proses kirim uang dengan langkah mudah berikut ini. Cara di bawah ini khusus untuk transfer uang rekening bank lain ke rekening BSI via mesin ATM.

  1. Cari loket ATM terdekat untuk kemudahan transaksi kirim uang Anda;
  2. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM, pilih bahasa Indonesia kemudian masukkan password kartu debit Anda;
  3. Pastikan kata sandi kartu debit Anda sudah benar agar tidak diblokir oleh pihak bank. Biasanya, kartu ATM akan diblokir jika salah memasukkan password sebanyak tiga kali;
  4. Pilih menu Transaksi Lainnya, kemudian lanjutkan dengan memilih opsi Transfer;
  5. Selanjutnya pilih Bank Lainnya dan Anda akan dibawa ke halaman yang meminta untuk memasukkan kode sandi BSI beserta nomor rekening Bank Syariah Indonesia tersebut;
  6. Tuliskan no.kode bank BSI yaitu 451 diikuti nomor rekening BSI tujuan;
  7. Cek kembali kode sandi bank dan nomor rekening bank tujuan, dan pastikan semuanya sudah terisi benar. Setelah itu, Anda bisa lanjutkan dengan memilih opsi Benar;
  8. Kemudian isikan jumlah uang yang akan ditransfer ke rekening Bank Syariah Indonesia lalu pilih Benar;
  9. Selanjutnya layar ATM akan menampilkan informasi nama penerima uang beserta nomor rekening BSI dan nominal uang yang akan dikirimkan. Cek kembali secara teliti, apabila sudah sesuai, maka Anda bisa pilih opsi Ya.
  10. Proses transfer uang ke nomor rekening Bank Syariah Indonesia telah berhasil dilakukan, dan Anda bisa mencetak bukti transfer tadi di mesin ATM.

Cara Transfer Uang ke Sesama Rekening BSI via ATM

Berbeda halnya dengan transfer antar rekening bank yang berbeda, cara kirim uang ke sesama rekening Bank Syariah Indonesia tentunya juga berbeda. Jika belum mengetahui caranya, maka simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Cari gerai ATM Bank Syariah Indonesia terdekat;
  2. Masukkan kartu debit BSI Anda dan pilih Bahasa Indonesia;
  3. Pilih opsi Tarik Tunai/ Transaksi Lainnya,kemudian tab Menu Utama;
  4. Lanjutkan dengan memilih opsi Transfer dan tab Rekening BSI Lainnya;
  5. Isikan nomor rekening BSI tujuan dengan benar dan tab Lanjutkan;
  6. Tuliskan jumlah uang yang akan dikirim lalu pilih Ya;
  7. Apabila muncul keterangan konfirmasi nama penerima, no rekening tujuan, dan nominal uang yang akan dikirim pada layar ATM, teliti kembali apakah sudah benar atau belum.
  8. Jika sudah sesuai, Anda bisa pilih Ya, dan transaksi transfer uang ke sesama rekening BSI sudah selesai.

Kode sandi BSI merupakan kode identitas dari Bank Syariah Indonesia yang biasanya diperlukan saat ingin melakukan transfer uang dari rekening bank lain ke rekening BSI. Semoga artikel di atas bermanfaat, memberikan wawasan, dan membantu Anda yang masih bingung dengan cara kirim uang ke rekening BSI melalui ATM.

Artikel Terkait