Mengalami Masalah Gangguan Tidur? Cobalah Cara Agar Cepat Tidur Berikut Ini

Cara Agar Cepat TidurApakah Anda mengalami masalah susah tidur akhir-akhir ini? Kurangnya waktu untuk beristirahat tentu akan berpengaruh pada kesehatan, bahkan bisa mempengaruhi kesehatan kardiovaskular, sebenarnya adakah agar cepat tidur? Mungkin Anda juga termasuk orang yang susah tidur dan masalah ini sudah mengganggu aktivitas, sebelum mengetahui ketahui dahulu apa yang jadi penyebabnya.

Penyebab Gangguan Tidur

Tidak sedikit orang yang ternyata mengalami gangguan tidur, padahal saat seseorang susah tidur maka kualitas istirahatnya akan berkurang, apa yang terjadi selanjutnya? Kurangnya kualitas tidur dapat membuat orang menjadi lelah ketika menjalankan aktivitas, apabila Anda mengabaikan kondisi sulit tidur ini bukan tidak mungkin akan terkena penyakit serius.

Karena susah tidur binya menyebabkan hipertensi atau masalah jantung, ada baiknya bagi Anda yang mengalami gangguan tidur yang sudah sangat mengganggu untuk segera berkonsultasi dengan dokter, atau mungkin Anda bisa mengetahui penyebab sulit tidur berikut ini yang mungkin juga Anda rasakan.

1. Stres

Salah satu hal yang paling sering menjadi penyebab gangguan tidur adalah stres, seseorang yang mengalami tingkat stres tinggi cenderung lebih sulit tidur di malam hari, ada banyak faktor yang mungkin mempengaruhi tingkat stres seperti masalah pekerjaan; keuangan bahkan keluarga, meskipun dengan stres berarti Anda bersiap untuk menghadapi bermacam masalah tapi tidak semua orang mampu mengatasi stres.

Jika ingin bisa beristirahat dengan nyaman maka tubuh harus dalam keadaan rileks, padahal saat stres otak justru akan lebih aktif sehingga membuat seseorang sulit memejamkan mata, apalagi stres serta sulit tidur ini saling berhubungan dimana ketika Anda stres akan membuat sulit tidur dan sulit tidur akan membuat Anda stres, bukankah demikian rasanya?

Baca Juga:  Cara Membuat Email Baru Tanpa Susah Agar Mudah Berkirim Surat

2. Usia

Penyebab yang juga mempengaruhi kualitas tidur selanjutnya adalah faktor usia, semakin bertambahnya usia ritme sirkadian akan semakin melemah, ritme sirkadian ini memiliki fungsi dalam mengatur waktu tidur dan waktu bangun, jika ritme sirkadian terganggu maka dapat membawa pengaruh pada kualitas tidur seseorang.

3. Konsumsi Kafein

Apakah Anda gemar mengkonsumsi kafein seperti kopi misalnya, konsumsi kafein yang berlebih dapat menjadi penyebab terkena insomnia, apalagi jika Anda mengkonsumsinya di waktu yang kurang tepat saat malam hari, zat kafein yang terkandung dalam kopi akan memberikan efek stimulan yang membuat kewaspadaan meningkat, efek ini akan muncul dalam waktu kurang lebih 15 menit setelah mengkonsumsinya dan benar-benar akan hilang dari tubuh selama 4 hingga 6 jam.

4. Asam Lambung

Apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas pada malam hari bisa menjadi salah satu penyebab naiknya asam lambung, perut yang terisi penuh kemudian Anda lanjutkan dengan tidur maka bisa membuat asam lambung naik, saat asam lambung naik hormon adrenalin akan ikut naik, sehingga dapat menyebabkan detak jantung juga turut meningkat, jadi Anda perlu waspada dalam jenis makanan dan pola makan.

5. Bermain Gadget

Sekarang ini gadget merupakan bagian yang tidak terlepaskan dari kehidupan setiap seorang, segala aktivitas atau pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah lewat smartphone, karena sudah terlalu ketergantungan dengan smartphone bahkan bisa membuat Anda mengalami gangguan tidur.

Terlebih ketika Anda masih memainkan smartphone menjelang waktu tidur, meski sudah berada di tempat tidur tapi Anda tidak bisa dengan mudah melepaskannya baik itu membalas chat; bermain sosial media atau sekedar bermain game, padahal bermain menjelang waktu tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur dan mempengaruhi kesehatan mata.

Baca Juga:  7 Cara Menjaga Agar Tanaman Tumbuh Subur, Pemula Wajib Tahu

Sinar blue light dapat menekan hormon melatonin yang mengontrol waktu tidur dan waktu bangun pada tubuh, sinar bluelight akan ditangkap oleh otak dan memberikan tanda bahwa suasana masih terang dan membuat Anda tidak mudah tertidur, saat bermain gadget otak akan lebih aktif sehingga membuat Anda terjaga sepanjang malam.

Dari beberapa penyebab sulit tidur di atas manakah yang paling sering Anda alami? Tubuh membutuhkan tidur 7 hingga 8 jam setiap harinya, namun apabila tidak tercukupi Anda akan mengalami beberapa kondisi yang merugikan seperti mudah sakit; daya ingat menurun hingga penyakit serius lainnya, oleh karena itu bagi Anda yang membutuhkan cara agar cepat tidur bisa coba menerapkan berikut.

6. Pola Makan

Jangan menyepelekan pola makan yang selama ini Anda jalani karena pola makan yang sehat dapat membantu untuk tidur lebih cepat, cobalah untuk memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, mulai atur jenis makanan yang mengandung karbohidrat; serat; zinc serta vitamin B sehingga nantinya tubuh akan memberikan respon positif dan membuat Anda mudah mengantuk.

7. Kurangi Asupan Kafein

Apakah Anda selalu mengkonsumsi setiap harinya? Boleh saja mengkonsumsi kafein namun Anda perlu mengatur porsi dan waktu untuk konsumsinya, apalagi kafein cukup membantu Anda dalam meningkatkan energi pada saat tubuh lelah.

Sayangnya kafein juga memiliki efek samping yang tidak baik untuk tubuh seperti mengurangi kualitas tidur, jika Anda ingin mendapatkan waktu tidur yang berkualitas maka mulai atur porsi dan waktu konsumsi minuman berkafein, Anda bisa minum-minuman berkafein 5 hingga 6 jam sebelum waktu tidur agar nantinya tidak mengganggu kualitas tidur.

8. Olahraga

Seberapa sering Anda berolahraga? Jika Anda merasa jarang melakukannya mulai saat ini cobalah untuk meluangkan waktu berolahraga, rutin olahraga bisa membantu Anda mengurangi gangguan tidur, Anda bisa melakukan olahraga baik itu olahraga ringan; sedang atau berat tergantung kemampuan masing-masing, meski terkesan sepele tapi olahraga rutin dapat meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga:  Cara Cek No Telkomsel Agar Rasa Penasaran Dapat Terjawab

Seperti salah satu olahraga yang dapat meningkatkan kualitas tidur adalah yoga, bagi Anda yang rutin melakukan yoga tidak hanya tubuh saja yang terasa lebih rileks tapi otak juga lebih fresh dari biasanya, mungkin Anda bisa melakukan yoga sebelum tidur selama 15-20 menit sehingga Anda akan lebih mudah mengantuk, berniat mencobanya?

9. Kurangi Penggunaan Elektronik

Apakah Anda termasuk orang yang bermain gadget menjelang waktu tidur? Meski kebiasaan ini terdengar sepele tapi jika dilakukan terus menerus tentunya dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda, karena saat bermain gadget pastinya akan membuat waktu istirahat berkurang.

Usahakan untuk menjauhkan gadget dari pandangan sebelum tidur, selain mempengaruhi kualitas tidur sinar blue light dari layar gadget juga dapat membawa dampak kurang baik pada kesehatan mata, jadi dengan menjauhkan gadget dari pandangan dan tidak memainkannya akan membuat Anda lebih mudah tertidur.

10. Menggunakan Teknik Tidur

Pernah mendengar tentang teknik tidur cepat? Teknik tidur cepat ini menjadi salah satu solusi untuk bisa tidur dalam waktu singkat, bagaimana caranya? Caranya pun tidak sulit yaitu dengan membuat tubuh dan pikiran lebih tenang serta rileks, menggunakan teknik 4-7-8 dengan fokus pada pernafasan ternyata membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang, mungkin Anda tidak langsung tertidur jika menggunakan teknik ini tapi dibutuhkan latihan secara rutin sebagai cara agar cepat tidur.

Artikel Terkait