8 Cara Screenshot Di Komputer Simple!

Cara Screenshot Di Komputer – Fitur tangkapan layar pada perangkat akan sangat membantu penggunanya untuk menyimpan file yang didapatkan dari hasil browsing. Tangkapan layar ini biasanya dilakukan bagi seseorang yang ingin menyimpan informasi penting dari internet dalam bentuk praktis dan sederhana, bisa dibuka kapan saja.

Setiap perangkat memiliki caranya tersendiri, baik itu perangkat komputer ataupun pada ponsel. Adapun berbagai cara untuk screenshot tersebut di antaranya adalah dengan menggunakan tombol, memanfaatkan fitur bawaan, ataupun menginstall aplikasi yang bisa digunakan untuk menangkap tangkapan layar.

Kali ini akan dibahas mengenai cara screenshot di komputer yang bisa Anda lakukan.

Cara Screenshot di Komputer

Apa saja informasi yang bisa Anda screenshot? Ada banyak, diantaranya adalah untuk screenshot gambar, game, video, tulisan/caption, dan sebagainya. Cara ini lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan Anda menggunakan fitur save yang akan menyimpan seluruh informasi yang ada dalam suatu situs.

Adanya screenshot akan membuat Anda menyimpan bagian yang Anda perlukan saja atau bagian tertentu dari suatu situs. Cara inipun mudah dilakukan. Untuk informasi, layar yang telah Anda screenshot ini umumnya akan memiliki format gambar (*jpg, *tiff, *bmp, *png, *gif).

Untuk komputer dengan sistem operasi Windows, maka ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan Print Screen (PrtSc)

Cara Screenshot di Komputer ini adalah cara paling sederhana bisa dilakukan dengan menekan tombol yang ada pada komputer ataupun laptop pengguna. Tombol PrtSc sudah tersedia pada bagian kanan atas keyboard yang bisa Anda gunakan untuk membantu menyimpan hasil screenshot.

Namun, Anda tidak bisa menyimpan hasil screenshot ini menjadi suatu file tersendiri. Anda perlu menyalinnya pada papan klip (clipboard). Caranya, Anda tampilkan halaman layar yang ingin Anda ambil screenshotnya, kemudian klik tombol PrtSc.

Setelahnya, Anda perlu membuka software yang bisa menampilkan hasil screenshot, di antaranya adalah software Microsoft, Paint ataupun software editor lainnya. Anda kemudian tempelkan dengan mengklik Ctrl+V.

Bagaimana untuk menyimpan hasil screenshot menjadi suatu file tersendiri? Anda bisa melakukannya dengan klik kanan pada gambar hasil screenshot tadi, kemudian pilih Save as Picture. Pilih folder tempat penyimpanan file. Tuliskan nama file dan pilih tipe file (*jpg, *tiff, *bmp, *png, *gif).

2. Menggunakan Alt + PrtSc

Cara screenshot di komputer selanjutnya bisa dilakukan dengan menekan tombol Alt+PrtSc. Ya, tombol Alt berada di sebelah kiri persis tombol spasi. Pintasan ini bisa dilakukan untuk menangkap layar dengan cepat dari Windows aktif.

Cara ini juga hanya dapat dilakukan untuk menyimpan hasil tangkapan layar ke papan klip. Anda kemudian perlu membuka software tertentu untuk menyimpan hasil tangkapan.

3. Cara Screenshot di Komputer Menggunakan Windows Key + PrtSc

Jika Anda hendak melakukan screenshot dan menyimpannya sekaligus menjadi suatu file tersendiri, Anda bisa melakukannya secara cepat menggunakan tombol Windows key + PrtSc yang ditekan secara bersamaan.

Layar komputer akan meredup sekilas yang mana menandakan bahwa Anda baru saja melakukan screenshot. Untuk membuka hasil screenshot, Anda kemudian bisa membuka folder Pictures dan folder Screenshots. Format gambar tangkapan biasanya akan berbentuk *png.

4. Menggunakan Windows Key + Shift + S

Cara screenshot di komputer Berikutnya adalah dengan menggunakan tombol Windows key + Shift + S. Namun perlu diketahui bahwa cara ini hanya dapat berfungsi jika sistem operasi Windows yang Anda gunakan adalah Windows 10.

Ketika Anda mengklik Windows key + Shift + S, maka layar akan meredup sebentar kemudian penunjuk mouse akan berubah. Selanjutnya, Anda dapat menarik kursor untuk memilih bagian layar yang akan Anda screenshot.

Kemudian Anda dapat mem-paste hasil tangkapan pada software editor sebelum menyimpannya. Cara ini bisa digunakan jika Anda hendak menyeleksi tangkapan layar.

5. Menggunakan Windows Key + Volume Down

Cara screenshot di komputer ini dapat dilakukan jika Anda menggunakan perangkat Microsoft Surface. Anda bisa melakukannya dengan menekan tombol Windows Logo + Volume Down untuk mengambil seluruh tangkapan layar. Tombol Windows Logo sendiri berada pada bagian bawah layar Surface. Sementara tombol Volume Down berada pada bagian kiri. Layar nantinya akan meredup sebentar kemudian hasil screenshot secara otomatis akan tersimpan pada folder PicturesScreenshots.

6. Menggunakan game bar

Game bar bisa digunakan untuk melakukan tangkapan layar (screenshot) baik untuk Anda yang sedang bermain game ataupun tidak. Anda bisa menekan tombol Windows + G untuk memunculkan pilihan game bar. Selanjutnya, Anda dapat menekan pada game bar.

Pengaturan pintasan screenshot ini bisa diatur dengan cara membuka SettingsGamesGame Bar.

7. Menggunakan aplikasi Snipping Tool

Cara screenshot di komputer selanjutnya adalah menggunakan software yang bisa diinstall terlebih dahulu pada komputer. Namun, software Snipping Tool biasanya sudah termasuk bawaan pada laptop dengan sistem operasi Windows.

Software ini dapat digunakan untuk mengambil gambar screenshot dengan format dan ukuran yang lebih fleksibel, karena Anda bisa hanya mengambil bagian penting yang di screenshot saja, tidak seperti PrtSc yang akan menangkap seluruh layar.

Caranya, Anda hanya perlu membuka aplikasi ini, kemudian pilih tombol New. Selanjutnya kursor akan berubah menjadi tanda + yang bisa Anda gunakan untuk menarik layar yang akan Anda screenshot. Secara umum, hasil tangkapan akan berbentuk persegi, namun Anda dapat mengambil tangkapan dalam format yang lainnya.

Untuk menyimpan gambar, Anda dapat mengklik ikon Save Snip dan memilih folder penyimpanan. Selanjutnya, tuliskan nama file dan pilih tipe file untuk menyimpan (*jpg, *png, *gif, *mht). File yang telah Anda tangkap tersebut juga secara otomatis akan menyalin hasil screenshot Anda pada clipboard.

8. Menggunakan aplikasi LightShot

Cara screenshot di komputer selanjutnya adalah menggunakan aplikasi LightShot. Aplikasi ini bukan software bawaan dari Windows. Jadi, Anda perlu mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu pada komputer Anda. Adapun keunggulan dari ini adalah memiliki banyak opsi dan fitur untuk hasil tangkapan layar yang lebih baik.

Software ini biasanya digunakan untuk pekerjaan yang profesional sehingga akan sangat membantu dalam proses screenshot sekaligus untuk mengedit hasil tangkapan tanpa perlu aplikasi tambahan lain.

Untuk menggunakan LightShot, Anda hanya perlu mengklik tombol PrtSc pada keyboard setelah aplikasi ini terinstall. Selanjutnya, seleksi area yang hendak Anda screenshot. Seleksi area dengan mengklik kiri mouse dan tahan sesuai dengan ukuran area yang hendak disimpan. Fitur yang bisa Anda gunakan dengan aplikasi ini di antaranya adalah edit, simpan, bagikan, hingga cetak secara langsung.

Demikian cara screenshot di komputer yang bisa Anda gunakan. Cara mana yang paling baik? Hal ini bisa diketahui dengan memahami kebutuhan Anda terlebih dahulu. Jika Anda ingin menangkap layar secara penuh, Anda dapat langsung melakukan screenshot secara pintas, yaitu menggunakan tombol keyboard yang tersedia, seperti PrtSc. Namun, jika Anda mungkin memerlukan hasil tangkapan tertentu saja, yang clean hasilnya, Anda bisa menggunakan .

Artikel Terkait