Cara Registrasi Kartu Telkomsel Untuk Komunikasi Lebih Aman

Cara Registrasi Kartu Telkomsel – Masyarakat yang akan menggunakan layanan operator seluler diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Aturan ini berlaku untuk semua jenis di Indonesia, seperti Telkomsel. Meski kebijakan ini sudah diberlakukan sejak 2017, namun masih banyak yang belum mengetahui cara registrasi , baik untuk para pengguna baru maupun pengguna lama.

Registrasi kartu ini bertujuan untuk meminimalkan berbagai macam hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan nomor, tindakan terorisme, penyebaran berita bohong atau hoaks dan berbagai jenis kasus penipuan yang biasa dilakukan lewat telepon atau SMS.

Selain itu dengan melakukan registrasi kartu seluler, pengguna akan lebih mudah dalam melakukan transaksi secara online. Lalu bagaimana cara registrasi kartu Telkomsel agar aman dari penyalahgunaan data?

Syarat Melakukan Registrasi Kartu Telkomsel

Untuk melakukan registrasi kartu seluler, anda harus mempersiapkan beberapa persyaratan berikut ini:

  1. Pengguna sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Anda akan diminta untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat di KTP. NIK terdiri dari 16 digit angka yang terletak di bagian atas KTP.

  1. Pengguna harus sudah terdaftar dalam Kartu Keluarga (KK)

Selain KTP, Anda juga harus sudah terdaftar dalam KK. Nomor KK terletak pada bagian atas yang juga terdiri dari 16 digit angka.

Sebelum melakukan registrasi kartu perdana Telkomsel, anda harus memastikan kedua dokumen tersebut sudah secara sah terdaftar di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Dukcapil yang ada di daerah anda. Jika persyaratan tersebut sudah siap maka anda bisa segera melalukan registrasi kartu.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel untuk Pengguna Baru

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi pesan di handphone Anda
  2. Masukkan nomor tujuan penerima yaitu 4444
  3. Ketik pesan dengan format sebagai berikut: REG(spasi)NIK#NoKK#
  4. Tekan tombol Kirim (Send)

Jika sudah melakukan langkah di atas anda hanya perlu menunggu SMS balasan. Data yang anda kirimkan sedang melalui proses validasi sehingga membutuhkan waktu beberapa saat. Apabila anda sudah mendapatkan SMS balasan yang berisi pemberitahuan proses registrasi kartu Telkomsel telah berhasil, maka anda sudah bisa menggunakan kartu tersebut.

Namun jika ternyata anda mendapatkan balasan pemberitahuan permintaan registrasi anda tidak dapat diproses, anda tidak perlu panik. Cukup tunggu beberapa menit dan lakukan lagi langkah yang sama. Jangan lupa untuk mengecek ulang nomor KTP dan nomor KK anda untuk menghindari kesalahan input data.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel untuk Pengguna Lama

Tidak hanya pengguna baru yang wajib melakukan registrasi kartu seluler, pengguna lama juga perlu melakukan agar kartu seluler yang digunakan tidak terblokir. Cara registrasi untuk pengguna lama tidak berbeda jauh dengan cara registrasi kartu pengguna baru, yaitu:

  1. Buka aplikasi pesan di handphone Anda
  2. Masukkan nomor tujuan penerima yaitu 4444
  3. Ketik pesan dengan format sebagai berikut ULANG(spasi)NIK#NoKK#
  4. Tekan tombol Kirim (Send)

Pastikan data yang anda masukkan sudah benar. Tunggu SMS balasan yang mengkonfirmasi bahwa proses registrasi anda sudah berhasil. Jika muncul kendala, tunggu beberapa saat dan lakukan registrasi ulang.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Online

Selain melakui SMS, anda juga bisa melakukan registrasi secara online melalui situs  resmi Telkomsel. Kunjungi https//www.Telkomsel.com/en//registrasi dan isi formulir yang tersedia. Masukkan data dan persyaratan yang sudah anda persiapkan seperti nomor kartu yang akan didaftarkan, nomor KTP dan nomor kartu keluarga.

Jika data yang anda masukkan sudah benar, anda hanya perlu menekan tombol “Dapatkan Password”. Setelah itu anda akan langsung mendapatkan password yang dikirimkan via SMS ke nomor yang anda daftarkan. Kemudian masukkan password tersebut ke kolom yang tersedia di halaman website Telkomsel.

Apabila anda tidak segera memasukkan password tersebut dalam waktu lebih dari 3 menit, maka anda harus mengulang kembali langkah yang sama untuk mendapatkan password yang baru.

Lakukan pengecekan ulang pada data registrasi anda, jika sudah yakin dengan data yang anda masukkan maka anda bisa segera menekan tombol “Kirim” yang tersedia. Tunggu hingga beberapa saat untuk mendapatkan SMS balasan yang menginformasikan bahwa nomor anda sudah berhasil terdaftar.

Agar lebih meyakinkan, anda bisa mengecek status registrasi kartu Telkomsel prabayar yang telah anda lakukan sebelumnya. Caranya sangat mudah, cukup melakukan panggilan ke dengan format *444# di dial phone anda dan pilih “Cek Status Registrasi”. Kemudian masukkan 16 digit angka NIK yang terdapat di KTP atau Kartu Keluarga. Setelah itu anda akan mendapatkan SMS yang menginformasikan status beserta waktu registrasi.

Beberapa cara registrasi kartu Telkomsel ini hanya berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI) saja. Lalu bagaimana untuk Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Indonesia?, tentu Pemerintah sudah memiliki peraturan untuk memudahkan WNA dalam menggunakan layanan operator seluler di Indonesia.

Pada dasarnya cara registrasi kartu seluler bagi WNA tidak berbeda jauh dengan cara registrasi kartu seluler yang diberlakukan bagi WNI, yaitu dengan mempersiapkan persyaratan seperti paspor, Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS). Persyaratan ini menjadi data penting yang menunjukkan identitas asli WNA sebagai pengganti KTP dan Kartu Keluarga.

Namun proses registrasi kartu tersebut hanya bisa dilakukan di gerai resmi operator Telkomsel saja. Jadi untuk WNA yang ingin melakukan registrasi kartu harus mengunjungi gerai Telkomsel terdekat dengan membawa persyaratan yang sudah disiapkan.

Registrasi kartu prabayar bagi WNA sebetulnya bisa saja diproses di gerai tak resmi, dengan catatan gerai tersebut merupakan mitra resmi yang sudah disetujui oleh operator Telkomsel untuk melakukan proses verifikasi. Hal ini tentu sangat membantu bagi para WNA yang kesulitan dalam menemukan gerai resmi terdekat.

Cara registrasi kartu Telkomsel yang dijelaskan di atas cukup mudah dilakukan bukan? Kebijakan registrasi kartu seluler ini dibuat untuk melindungi dan memudahkan para penggunanya dalam berkomunikasi dan bertransaksi digital secara aman dan mudah.

Oleh karena itu bagi para pengguna kartu Telkomsel lama, anda harus segera melakukan proses registrasi, karena apabila tidak dilakukan, anda akan mendapatkan beberapa tahapan sanksi yang dapat membatasi anda dalam berkomunikasi.

Sanksi awal yang akan pengguna lama dapatkan apabila belum juga melakukan proses registrasi adalah tidak dapat melakukan panggilan, kemudian jika pengguna tidak juga melakukan registrasi kartu  maka akan mendapatkan sanksi lanjutan yaitu tidak bisa menerima telepon.

Sanksi terakhir dan paling berat yang akan diberlakukan bagi pengguna yang terus mangkir adalah pemblokiran nomor. Sanksi ini akan mulai berlaku paling lama 30 hari setelah peringatan pertama. Jadi segera lakukan regsitrasi kartu Telkomsel anda agar terhindar dari pemblokiran nomor dan penyalahgunaan data oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Artikel Terkait