Cara Mengecek Sertifikat Vaksin Dan Mengunduh Sertifikat Vaksin

Cara Mengecek Sertifikat Vaksin – Juru bicara pemerintah Dr Siti Nadia Tarmizi di beberapa kesempatan sering menjelaskan hal mengenai program vaksin, manfaat serta fungsi , , sampai cara mengunduhnya yang bisa dilakukan melalui website dan aplikasi Peduli Lindungi.

Beliau mengungkapkan juga, jika peserta bisa mendapat sertifikat tersebut setelah menerima vaksin dosis dua. Sertifikat bisa diterima dalam bentuk elektronik, bukan cetak. Sertifikat elektronik tersebut adalah sertifikat versi modern yang telah di integrasi menggunakan sistem E-HAC (Elektronik – Health Alert Card) atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan.

Dengan adanya kartu vaksinasi ini, anda bisa mempunyai bukti jika sudah melaksanakan vaksin, sekaligus mempunyai salah satu syarat untuk melakukan beberapa kegiatan, seperti melakukan perjalanan jauh.

Tapi selain itu, masih ada banyak fungsi lain yang harus anda ketahui tentang kartu vaksinasi ini.

Fungsi Dari Kartu Vaksinasi

Apa saja fungsi lain dari kartu vaksin ini? Berikut beberapa ulasannya,

Sebagai Syarat untuk Masuk Mal

Kemendag atau Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan, telah menegaskan jika selama PPKM dijalankan, pemerintah telah memberikan suatu syarat utama agar anda semua dapat mengunjungi mal adalah dengan harus menunjukan sebelum masuk.

Uji coba persyaratan ini sudah berlaku di banyak pusat perbelanjaan serta mal yang ada di Indonesia. Persyaratan ini juga berlaku bagi semua pengunjung dan juga pegawai yang sering keluar masuk mall.

Namun bagi anda yang anda yang belum melakukan vaksinasi karena suatu alasan, anda perlu menunjukan surat keterangan dari dokter, jika tidak memilikinya walaupun mempunyai tes antigen, anda tidak diizinkan untuk masuk. Tapi sekarang ini tidak semua mall yang menjalani persyaratan tersebut.

Baca Juga:  Cara Cetak Sertifikat Vaksin Yang Mudah Dan Aman

Walaupun semua orang yang akan masuk keluar mall ataupun pusat perbelanjaan wajib untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan sedang dalam kondisi yang sehat.

Digunakan untuk Melakukan Perjalanan

Pada aturan baru yang muncul dalam Surat Keterangan dari Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Nomor 495 pada Tahun 2021 yang berisi perpanjangan PPKM dalam Sektor Usaha Pariwisata.

Bagi anda yang ingin menjalani perjalanan jauh menggunakan Pesawat, Kereta Api, ataupun Bus, Anda perlu menunjukan sertifikat vaksin sebagai syarat yang harus dipenuhi.

Ditambah dengan wajibnya membawa hasil negatif dari test PCT bagi penumpang pesawat serta test antigen untuk bus serta kereta api.

Saat Memasuki Pasar

Fungsi sertifikat vaksinasi selanjutnya adalah sebagai salah satu syarat saat mengunjungi pasar umum. Misalnya pada Tanah Abang, dimana semua pedagang maupun pengunjungnya wajib untuk menunjukan sertifikat telah melakukan Vaksinasi.

Makan di Restoran dan Kafe

Selain menjadi salah satu syarat untuk melakukan perjalanan jauh, fungsi lain dari adanya sertifikat vaksinasi ini adalah akan menjadi salah satu syarat ketika ingin makan pada restoran maupun cafe outdoor juga.

Selain itu, kapasitas pengunjung pun hanya diperbolehkan sekitar 25 persen saja. Ada juga beberapa tempat yang memberi aturan jika dine in hanya boleh sampai dengan pukul 8 malam.

Dari beberapa hal tersebut lah, terlihat jika sangat penting untuk anda semua melakukan vaksin serta mempunyai sertifikat dari vaksinasi tersebut. Terlebih bagi jika ingin melakukan perjalanan jauh. Tapi selain harus menyertakan sertifikat vaksin, dibutuhkan juga hasil tes antigen maupun test PCR.

Cara Cek Sertifikat Vaksinasi Secara Online

Cara mengecek sertifikat vaksin selain dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindung atau secara online, ada beberapa cara dapat dilakukan.

Baca Juga:  Cara Cetak Sertifikat Vaksin Yang Mudah Dan Aman

Berikut ini lah, ada 3 ulasan mengenai cara cek sertifikat vaksin sekaligus cara mendownloadnya dengan mudah,

Melalui SMS

Cara pertamanya adalah, jika anda sudah melakukan vaksinasi tahap pertama, anda akan langsung mendapat pesan SMS dari nomor 1199 yang akan berisi nomor dari tiket untuk vaksin kedua serta jadwal tanggal dan lokasinya. Setelah itu akan ada pesan lagi yang berisi Link Sertifikat milik Anda.

Untuk cara download sertifikat vaksinnya, Anda hanya tinggal klik link sertifikat yang terdapat dari pesan tersebut. Nanti anda akan langsung diarahkan menuju situs resmi dari Peduli Lindungi.

Untuk mengaksesnya, Anda perlu untuk membuat akun dahulu. Caranya Anda hanya tinggal melengkapi kolom nama, serta nomor telepon atau email, Anda bisa memilih salah satunya.

Setelah itu, isilah data diri yang dibutuhkan. Nanti jika sudah akan muncul sertifikat baksin bernamakan anda. Klik Unduh Sertifikat dan tinggal tunggu proses unduhnya selesai.

Melalui Situs Resmi Peduli Lindungi

Jika Anda belum mendapat pesan SMS, Anda mempunyai pilihan untuk langsung mengakses sertifikat vaksin melalui situs resmi Peduli Lindungi. Berikut inilah caranya,

  • Anda bisa mengunjungi situs resmi Peduli Lindungi pada https://www.pedulilindungi.id/ dari gadget Anda.
  • Dalam halaman utama, terdapat kalimat berisi ‘Sudah melakukan vaksinasi COVID-19? Cek sertifikat Anda di sini’ yang berada di bagian atas situsnya.
  • Lali klik pada ‘Disini’ untuk melanjutkan aksesnya.
  • Anda bisa langsung melakukan login atau jika belum mempunyai akun visa mendaftar dahulu.
  • Jika telah masuk ke anda, masukan nomor handphone dan tunggu kode OTP yang akan dikirim dengan SMS. Saat kode OTP diterima, langsung masukkan kodenya di kolom yang disediakan.
  • Setelah berhasil untuk masuk Anda, pilihlah menu Sertifikat Vaksin yang berada di tampilan utama. Nanti akan langsung muncul sertifikat vaksin untuk tahap satu serta kedua.
  • Anda pun tinggal mendownloadnya dan sertifikat bisa langsung diproses.
Baca Juga:  Cara Cetak Sertifikat Vaksin Yang Mudah Dan Aman

Melalui Chatbot WhatsApp

Kementerian Kesehatan atau Kemenkes telah membuat suatu Chatbot WhatsApp khusus untuk Peduli Lindungi dengan nomor resminya 0811 1050 0576. Dengan nomor tersebut, masyarakat pun bisa dengan mudah mengecek sertifikat vaksin dan langsung mengunduhnya.

Jadi bagi Anda yang kebingungan mencari cara mengecek sertifikat vaksin, beberapa cara diataslah solusi termudah untuk Anda lakukan

Hindari Menggunakan Sertifikat Vaksin Palsu

Dari sebuah Surat Edaran yang diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan, yaitu SE 56/2021 yang berisi mengenai tentang transportasi darat, lalu SE 58/2021 mengenai transportasi perkeretaapian, serta SE 59/2021 tentang transportasi laut yang menjelaskan ‘Pemalsuan sertifikat vaksin dan juga pemalsuan surat keterangan negatif bisa mendapat sanksi sesuai dengan ketentuan yang ada dalam perundang-undangan’.

Bagi semua Penumpang yang tidak menaati atau melanggar ketentuan yang telah ditetapkan, tentu akan bisa mendapatkan beberapa sanksi sesuai dengan berbagai ketentuan dalam perundang-undangan yang sudah diatur pada UU No 11 Tahun 2008 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik, sebagaimana yang telah diubah UU No 19 Tahun 2016 m3ng3nqi Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”).

Selain itu, juga akan ada Ketentuan Hukum Pidana, sebagaimana yang telah tercantum pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atau KUHP.

Tentunya jeratan hukum tersebut akan berlaku bukan hanya bagi semua pemakai sertifikat yang palsu dalam kepentingan perjalanan. Tapi juga bagi Pemakai sertifikat vaksin palsu yang akan digunakan untuk kepentingan apapun akan dapat dijerat pasal dengan sama.

Karena pemalsuan sertifikat vaksin sendiri adalah sebuah perbuatan pidana yang bisa sampai diancam sanksi penjara.

Selain mengenai sertifikat vaksin ini, Anda bisa mengunjungi biggu.id untuk mencari berbagai hal penting dan inspiratif lainnya.

Artikel Terkait