2 Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Offline Dan Online

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan – Cara mencairkan ketenagakerjaan banyak dibagikan dan tentu sangat berguna bagi kita yang baru saja resign dari tempat bekerja.   sendiri adalah program dari pemerintah yang dimaksudkan sebagai perlindungan sosial ekonomi untuk para pekerja. Pemilih perusahaan atau kantor wajib untuk mendaftarkan semua pekerjanya sebagai peserta dari BPJS ketenagakerjaan itu sendiri.

Manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum mengetahui dua pilihan cara untuk mencairkan bpjs ketenagakerjaan, ada baiknya kita mengetahui apa saja manfaat dari BPJS ketenagakerjaan itu sendiri. Pemerintah berupaya untuk membantu memberikan jaminan bagi para pekerja dengan 4 program utama BPJS ketenagakerjaan yaitu

  • Jaminan untuk Kecelakaan Kerja
  • Jaminan untuk Kematian
  • Jaminan di Hari Tua
  • Jaminan Pensiun

Melalui 4 program utama BPJS ketenagakerjaan tersebut diharapkan para pekerja tidak merasa cemas ketika sedang melaksanakan pekerjaannya di kantor atau perusahaan. BPJS Ketenagakerjaan juga fokus terutama untuk memberikan manfaat bagi mereka yang terkena PHK dan juga belum bekerja. Bentuk bantuan dari pemerintah bagi mereka yang terkena pemutusan hubungan kerja adalah bantuan uang tunai, pelatihan kerja dan juga informasi lowongan pekerjaan.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Langsung

Cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan kita bisa coba dengan dua opsi. Pilihan pertama yang bisa anda ambil adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang ada di kota anda. Jika anda memilih untuk datang langsung ke kantor untuk mendapatkan BPJS ketenagakerjaan, anda bisa melakukan beberapa Langkah dibawah ini:

  • Anda harus membawa dokumen-dokumen asli yang dibutuhkan untuk mencairkan BPJS
  • Anda bisa mengambil nomor antrean dan kemudian menyiapkan Kembali dokumen agar sewaktu anda dipanggil, dokumen telah tersusun dengan rapi.
  • Anda bisa mengisi formulir pengajuan klaim. Formulir ini bisa anda dapatkan di kantor BPJS ketenagakerjaan dari petugas.
  • Anda harus menyerahkan formulir dan semua berkas yang telah tersusun kepada petugas
  • Formulir dan berkas yang anda serahkan kemudian akan diperiksa Kembali.
  • Jika formulir dan berkas anda telah lengkap, anda kemudian akan menemui petugas bagian pengajuan klaim.
  • Petugas pengajuan klaim kemudian akan memeriksa kembali berkas anda dan memberitahukan waktu untuk saldo BPJS ketenagakerjaan kepada anda.
  • Saldo BPJS ketenagakerjaan akan dikirimkan ke rekening peserta atau yang mengajukan klaim.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Bagi anda yang tidak mempunyai cukup waktu untuk mengurus pencairan BPJS Ketenagakerjaan anda secara langsung, anda bisa melakukan dengan cara online. Cara online ini dirasa lebih efektif karena bisa dilakukan kapanpun dan dari mana saja. Anda tentu perlu berhati-hati ketika mengisi data melalui online. Anda perlu mencermati bagaimana langkah-langkah untuk mengajukan klaim sampai menunggu pencairan secara online.

Sebelum mencairkan BPJS Ketenagakerjaan secara online, anda bisa memilih portal layanan online untuk mendapatkan saldo BPJS ketenagakerjaan anda tersebut. Anda perlu memperbaharui data dalam formulir secara online kemudian anda perlu melakukan verifikasi data kembali. Setelah proses pembaharuan data selesai, barulah anda bisa melakukan beberapa cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Cara mencairkan saldo anda secara online juga bisa dilakukan dengan beragam portal layanan. Portal layanan yang pertama adalah melalui Lapakasik.

  • Anda perlu membuka portal layanan lapakasik terlebih dahulu. Anda bisa menemukan link Lapakasik dengan mudah melalui browser di ponsel anda.
  • Setelah anda membuka portal layanan Lapakasik, anda perlu mengisi data meliputi nomor induk kependudukan, nama anda, nomor peserta BPJS ketenagakerjaan dan lain sebagainya.
  • Anda perlu melakukan proses verifikasi dan menunggu sistem menentukan kelayakan atas klaim yang anda ajukan tersebut.
  • Setelah selesai dengan proses verifikasi, anda akan diarahkan untuk melengkapi data sesuai dengan apa yang terlihat pada portal layanan Lapakasik.
  • Anda perlu mengunggah semua dokumen persyaratan dan juga melampirkan foto diri anda yang terbaru. Anda perlu mengunggah foto diri tampak depan dengan format yang ditentukan dan dengan maksimal ukuran yaitu 6 MB.
  • Setelah berhasil mengunggah data dan foto diri, anda perlu menunggu. Bagi anda yang sukses melakukan pengunggahan data dan foto, anda akan mendapatkan notifikasi berisi jadwal dan juga alamat kantor cabang melalui email.
  • Peserta BPJS Ketenagakerjaan juga akan dihubungi dengan metode Video Call untuk proses wawancara. Proses wawancara ini biasanya untuk mencocokan data antara yang anda katakan dengan data yang telah diunggah.
  • Setelah selesai proses wawancara, proses pengajuan klaim BPJS Ketenagakerjaan telah selesai. Anda hanya perlu menunggu saldo untuk dikirimkan ke nomer rekening yang telah anda daftarkan.

Portal layanan kedua yang bisa anda pilih untuk mendapatkan saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online adalah dengan menggunakan aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile. Pada dasarkan langkah-langkah yang harus anda lakukan sama ketika anda menggunakan portal layanan Lapakasik. Anda juga perlu mengisi data, melakukan proses verifikasi data, menunggu proses verifikasi dan mendapatkan jadwal pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Kapan Waktu untuk Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan?

Sebelum anda mulai melakukan cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan secara offline ataupun online, anda perlu mengetahui juga kapan waktu untuk bisa mencairkan BPJS? Ketika anda mendapatkan surat pemutusan hubungan kerja atau anda resign dari sebuah perusahaan, anda perlu menunggu setidaknya 1 bulan. Anda bisa mulai mengajukan klaim BPJS Ketenagakerjaan anda tersebut terhitung sebulan setelah pengunduran diri anda.

Pencairan BPJS ketenagakerjaan sendiri bisa anda pilih dalam beberapa opsi. Anda tidak hanya bisa mencairkan BPJS ketenagakerjaan anda 100% namun anda juga bisa mencairkan BPJS ketenagakerjaan 10% atau 30% saja. Untuk jenis pilihan pencairannya sendiri anda perlu membaca persyaratannya kembali. Pencairan BPJS Ketenagakerjaan 10% dan juga 30% sendiri hanya bisa dilakukan oleh peserta yang masih bekerja dan telah bekerja setidaknya 10 Tahun.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Paklaring

Banyak orang yang merasa khawatir ketika kartu BPJS ketenagakerjaan mereka hilang. Mereka takut apabila mereka tidak bisa melakukan proses klaim BPJS ketenagakerjaan. Sebenarnya anda masih bisa untuk mencairkan BPJS ketenagakerjaan tanpa menggunakan paklaring. Anda bisa melakukan pencairan tanpa paklaring namun perlu menyertakan beberapa hal sebagai berikut:

  • Anda perlu membuat surat pernyataan. Surat pernyataan ini sendiri berisi bahwa anda benar merupakan peserta BPJS dan sudah benar-benar berhenti dari perusahaan anda.
  • Anda juga perlu melampirkan keterangan bila perusahaan anda telah tutup.
  • Anda harus membuat surat pernyataan  bahwa anda belum pernah mencairkan BPJS ketenagakerjaan anda sebelumnya.
  • Surat pernyataan anda tersebut dilengkapi dengan materai 10.000 dan ditandatangani oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS ketenagakerjaan bagi peserta BPJS yang terkena pemutusan hubungan kerja atau pengunduran diri perlu anda klaim karena ini merupakan hak yang harus anda terima. BPJS ketenagakerjaan ini bisa digunakan untuk membantu kondisi perekonomian anda pasca anda mengundurkan diri atau terkena PHK. Anda perlu bersabar ketika melakukan tahapan cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan.

Artikel Terkait