Cara Memakai Sumpit Mudah Dilakukan Para Pemula

Cara Memakai Sumpit – Meskipun tidak sepopuler garpu dan sendok, nyatanya menjadi peralatan makan wajib di beberapa negara Asia, seperti di Jepang, Cina, dan Korea. Ya, masyarakat ketiga negara tersebut bisa dibilang selalu menggunakan sumpit untuk alat bantu makan berbagai menu, termasuk nasi. Bahkan anak-anak kecil sudah diajarkan untuk menggunakan sumpit sedini mungkin, agar nantinya mereka handal dalam menggunakan sumpit.

Meskipun Indonesia merupakan negara di benua Asia, tapi di Indonesia masyarakat relatif lebih banyak menggunakan sendok dan garpu untuk alat bantu makan. Namun meskipun demikian, di Indonesia tetap ada berbagai restoran yang menyediakan sumpit untuk alat makan, terutama restoran Jepang, Cina, dan Korea.

Ya, jika anda mengunjungi salah satu restoran tersebut, pasti anda akan menemukan sumpit sebagai pengganti sendok dan garpu. Misalnya saja di restoran ramen khas Jepang, maka anda bisa makan ramen menggunakan sumpit.

Tapi karena memang bukan budaya orang Indonesia, tentunya kebanyakan orang Indonesia cukup kesulitan dalam menggunakan sumpit. Apakah anda pun merasa kesulitan dalam menggunakan sumpit? Jika memang anda bisa menggunakan sumpit, apakah cara yang pengguna sumpit sudah benar?

Nyatanya memang masih cukup banyak juga orang yang bisa dibilang salah dalam menggunakan sumpit untuk alat makan. Lantas bagaimana yang benar? Untuk mengetahuinya, anda bisa langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Sejarah Singkat dari Sumpit

Sebelum mengetahui tentang cara penggunaan sumpit yang benar, tentunya tidak ada salahnya untuk mengetahui sejarah singkat tentang sumpit. Tentunya tak sedikit juga dari anda yang penasaran dengan asal muasal dari peralatan makan populer di Jepang, Cina, dan Korea ini.

Keberadaan sumpit tidak terlepas dari bangsa Cina. Awalnya memang sumpit berasal dari bangsa Cina yang memiliki berbagai jenis makanan dari mie. Sumpit pun diperkirakan sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu atau pada zaman Neolitik.

Sejak adanya sumpit, penggunanya sumpit mulai tersebar luas di daratan Cina yang digunakan untuk memakan berbagai hidangan. Mulai abad ke-7, pengguna sumpit mulai menyebar ke Jepang, dan kemudian ke Korea.

Perbedaan Sumpit Cina, Jepang, dan Korea

Meskipun ketiga negara tersebut merupakan negara yang memang menggunakan sumpit untuk memakan berbagai sajian menu makanan, tapi nyatanya sumpit di Ketiga negara tersebut berbeda. Ya, jika dilihat sekilas memang tidak ada bendanya. Nah, untuk mengetahui perbedaannya, maka berikut ini adalah perbedaan sumpit di ketiga negara tersebut.

1. Sumpit Cina

Pertama ada sumpit Cina yang disebut dengan nama kuazi. Untuk sumpit Cina ini memiliki bentuk yang panjang, dengan bagian ujung dibuat tumpul. Untuk bahan pembuatannya, kuazi biasanya terbuat dari bambu, tapi belakangan bahan melamin juga populer di masyarakat Cina.

2. Sumpit Jepang

Selanjutnya adalah sumpit Jepang. Ya, negara satu ini pun menggunakan sumpit untuk memakan berbagai macam hidangan, bahkan pernah ada juga kompetisi penggunaan sumpit di negara Jepang. Nah, jika diamati, sumpit Jepang memiliki ukuran yang paling pendek jika dibandingkan dengan sumpit Cina dan juga Korea.

Pembuatan sumpit yang pendek jelas ada alasannya. Hal tersebut dikarenakan orang Jepang terbiasa makan begitu dekat dengan mangkuk. Selain pendek, bentuk bagian ujung sumpit Jepang juga meruncing dan bulat. Ini jelas berbeda dari sumpit Cina.

Bentuk ujung demikian juga ada alasan, hal tersebut lantaran karena orang Jepang sering memakai makanan ikan, sehingga dengan bentuk runcing pada ujungnya akan memudahkan untuk mengambil tulang ikan.

3. Sumpit Korea

Negara yang terkenal karena idol grup, dan dramanya ini memang cukup digandrungi para remaja bahkan orang dewasa Indonesia. Karena hal inilah cukup banyak orang Indonesia yang mulai mencari tahu tentang kebudayaan Korea, termasuk mencari sumpit Korea. Ya, sekarang ini di toko online banyak sekali dijual sumpit Korea.

Sumpit Korea sendiri dikenal dengan nama jeotgarak, ukurannya termasuk cukup panjang. Untuk bahan pembuatannya, sumpit Korea terbuat dari logam. Nah, pada masa kerajaan para bangsawan menggunakan sumpit yang terbuat dari logam mulia seperti emas, perak, dan juga Kuningan.

Tapi sekarang ini banyak sekali sumpit Korea yang terbuat dari stainless, yang mana bahan ini pun dibuat untuk membuat sendok dan garpu.

Itulah beberapa perbedaan jenis sumpit Cina, Jepang, dan Korea. Jadi sekarang setidaknya anda sudah mengetahui tentang sejarah dan jenis sumpit serta perbedaan dari sumpit Cina, Jepang, dan Korea. Lantas bagaimana cara memakai sumpit? Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan.

Cara Memakai Sumpit yang Benar Untuk Para Pemula

Menggunakan sumpit jelas tak boleh asal, sebab jika asal-asalan anda malah bisa kesulitan menggunakan sumpit untuk alat makan. Selain itu, bisa juga anda malah malu jika menggunakan sumpit dengan tidak benar. Untuk itu anda harus mengetahui penggunaan sumpit dengan benar. Nah, berikut ini adalah caranya.

  1. Silakan untuk taruh satu sumpit di antara jari telunjuk dan jempol, lalu silakan untuk seimbangkan di jari manis.
  2. Selanjutnya, anda bisa letakkan sumpit kedua di antara jari telunjuk dan jempol, taruh di jari tengah anda atau
  3. Anda harus memegang sumpit kedua dengan kuat menggunakan jempol, telunjuk, dan jari tengah anda
  4. Perlu diketahui jika fungsi telunjuk dan jari tengah untuk menggerakkan sumpit
  5. Silakan anda bisa pakai jari telunjuk dan jari tengah untuk mengambil makanan dengan menggunakan sumpit.

Bagaimana apakah mudah? Mungkin awalan akan cukup sulit, tapi jika sudah terbiasa maka akan terasa mudah. Selain cara di atas, anda juga bisa memegang sumpit seperti memegang pensil yaitu dengan menaruhnya di atas jari tengah.

Kemudian silakan untuk selipkan sumpit ke dua di sela-sela jari jempol dengan jari telunjuk, lalu letakkan di atas jari manis. Banyak berlatih menggunakan sumpit bisa menjadi cara mudah agar terbiasa menggunakan sumpit.

Sebagai pemula, maka anda dapat berlatih menggunakan sumpit untuk memakan mie. Ya, bisa dibilang sumpit dan mie adalah pasangan yang tepat. Sama seperti garpu, dengan sumpit mei pun bisa diambil dengan mudah menggunakan sumpit. Lalu anda juga bisa berlatih menyumpit biji-bijian menggunakan sumpit. Biasanya cara ini adalah cara yang dilakukan orang tua Jepang untuk mengajarkan anaknya dalam menggunakan sumpit.

Makanan yang Tidak Bisa Dimakan Menggunakan Sumpit

Memang nasi pun dapat menjadi makanan yang bisa dimakan menggunakan alat bantu makan berupa sumpit. Tapi, tetap saja ada beberapa makanan yang tidak dapat dimakan menggunakan sumpit. Biasanya makanan bertekstur lembek tidak akan bisa dimakan menggunakan sumpit.

Bubur menjadi makanan lembek yang tidak akan bisa anda makan menggunakan sumpit. Jadi silahkan untuk menggunakan sumpit pada makanan yang memang bisa dimakan menggunakan sumpit. Jadi, tentunya sekarang sudah tahu cara memakai sumpit yang benar, ya. Untuk itu silahkan untuk dipraktekkan.

Artikel Terkait