Cara Melihat Sertifikat Vaksin Covid-19

Cara Melihat Sertifikat Vaksin – Sertifikat didapatkan setelah seseorang melakukan vaksinasi covid. Sertifikat ini adalah sebagai bukti bahwa seseorang telah vaksin dan dianggap dapat mengurangi resiko penyebaran virus pada orang lain. Jika Anda hendak bepergian, beberapa perusahaan transportasi mensyaratkan adanya , sebagai contoh perusahaan penerbangan. Selain itu, suatu event ataupun instansi tertentu juga memerlukan sertifikat vaksin sebelum mengadakan pertemuan.

Secara umum, Anda dapat melihat sertifikat vaksin covid-19 pada aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi PeduliLindungi

PeduliLindungi menjadi suatu platform yang juga berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan mengenai informasi vaksinasi di Indonesia. Adapun bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi sertifikat vaksin, Anda dapat memperoleh informasi baik melalui pesan WhatsApp maupun SMS.

Sertifikat vaksin sendiri akan diberikan ketika Anda telah melakukan vaksinasi, baik pada tahap 1-3.

Sertifikat vaksin dapat diperoleh dari PeduliLindungi dan dapat Anda cetak secara swadaya. Adapun sertifikat vaksin biasanya berisi informasi berupa nama, NIK, tanggal lahir, identitas sertifikat, dan juga keterangan bahwa Anda telah melaksanakan vaksinasi sesuai dengan tahapan yang Anda ikuti, 1, 2 atau 3.

Pada sertifikat vaksin terdapat pula QR code dilengkapi dengan lambang instansi negara. Sertifikat vaksin ini akan sangat diperlukan jika Anda hendak mengakses fasilitas umum ataupun layanan publik.

Fungsi sertifikat vaksin

Mengapa Anda harus memiliki sertifikat vaksin? Apa fungsi dari sertifikatt vaksin tersebut?

  1. Menggunakan transportasi umum

Setelah covid-19 melanda seluruh dunia, setiap transportasi umum mewajibkan penggunanya untuk membuktikan bahwa mereka telah vaksin. Memang tidak semua transportasi umum mewajibkan ini sebagai syarat untuk dapat menggunakannya. Namun, jika hendak bepergian ke luar daerah atau bahkan lintas negara, sertifikat vaksin harus dibawa, contohnya adalah pada kereta api, pesawat, kapal laut, dan bahkan beberapa bus.

  1. Mengunjungi atau mendatangi suatu tempat umum
Baca Juga:  Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19

Selanjutnya, fungsi adanya sertifikat vaksin adalah untuk mengunjungi tempat umum. Beberapa fasilitas publik mengharuskan pengunjungnya untuk memiliki sertifikat vaksin, seperti gedung olahraga, gedung pertemuan, restoran, tempat wisata, dan sebagainya.

  1. Mengikuti event atau kegiatan

Bagi Anda yang akan mengikuti suatu event dimana ramai berkumpul orang, maka Anda sebaiknya persiapkan sertifikat vaksin. Memang tidak semua kegiatan menyaratkan untuk memiliki sertifikat, namun banyak juga yang menyaratkan untuk membawa sertifikat vaksin.

Cara melihat sertifikat vaksin

Bagaimana cara melihat sertifikat vaksin covid-19? Caranya cukup mudah, berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan.

Menggunakan aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi memang didirikan untuk mengetahui segala informasi mengenai vaksinasi covid-19. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyediakan perangkat untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan dapat mencari informasi apa saja pada aplikasi tersebut yang berkaitan dengan vaksin, termasuk juga sertifikat vaksin covid-19.

Sangat direkomendasikan bagi Anda yang sering bepergian ataupun menghadiri pertemuan dan praktis karena dapat dilihat melalui Smartphone Anda. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini juga termasuk ringan.

  • Unduh aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu dan buka ketika selesai mengunduh.
  • Masuk dengan nomor ponsel Anda ketika mendaftar vaksinasi covid-19. Nantinya, Anda akan mendapatkan kode verifikasi.
  • Masukkan 6 digit kode dan tunggu hingga verifikasi selesai.
  • Setelahnya, pilih opsi Sertifikat Vaksin dan ketuk Nama.
  • Jika Anda sudah selesai vaksin, maka sertifikat vaksin sudah langsung muncul.
  • Jika Anda hendak mengunduh sertifikat vaksin tersebut, Anda hanya perlu klik Unduh.
  • Tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

Melalui situs web PeduliLindungi

Selain aplikasi, PeduliLindungi juga dapat diakses melalui situs web resmi mereka. Biasanya, Anda yang sudah terlalu banyak memiliki aplikasi pada ponsel kemudian mengalami kesulitan untuk mengunduh aplikasi. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan sertifikat vaksin covid-19 tanpa perlu memiliki aplikasi tersebut pada ponsel Anda, dan hanya membukanya lewat situs PeduliLindungi.

Baca Juga:  Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19

Situs web tersebut bisa Anda akses kapan dan dimana saja, baik melalui Smartphone maupun PC. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka situs web PeduliLindungi, yaitu https://www.pedulilindungi.id/
  • Nantinya akan muncul tampilan Sudah melakukan vaksinasi COVID-19… dan klik pada pilihan Di Sini.
  • Anda bisa melakukan verifikasi dengan alamat email ataupun nomor telepon yang Anda daftarkan ketika melakukan vaksin.
  • Selanjutnya, kode akan dikirimkan lewat nomor telepon ataupun alamat email yang telah Anda pilih. Masukkan kode tersebut.
  • Tunggu hingga proses verifikasi selesai.
  • Verifikasi kembali dengan menyelesaikan CAPTCHA dan pilih I’m not a robot.
  • Selanjutnya, klik menu Nama Akun -> Sertifikat Vaksin -> Nama.
  • Jika Anda sudah melakukan vaksin sertifikat akan tertera. Anda bisa mengunduh dengan klik Unduh dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Sertifikat vaksin sudah ada pada ponsel atau PC Anda.

Buka link SMS sertifikat vaksin dari nomor 1199

Cara melihat sertifikat vaksin covid-19 selanjutnya adalah dengan mengirimkan SMS pada nomor 1199. Jika Anda telah melakukan vaksinasi covid-19, sebenarnya Anda akan mendapatkan SMS dari nomor tersebut. Kemudian, masuk pada PeduliLindungi untuk melihatnya. Sama saja namun dengan pemberitahuan SMS.

  • Ketika Anda telah melaksanakan vaksinasi covid-19, maka Anda akan mendapatkan SMS dari 1199.
  • Isi dari SMS biasanya adalah jadwal vaksin selanjutnya kemudian ada pula link yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan sertifikat vaksin.
  • Klik link tersebut dan Anda akan mengunjungi situs web PeduliLindungi.
  • Anda hanya perlu masuk pada situs tersebut dan memasukkan nomor telepon ataupun email yang Anda daftarkan ketika vaksin sebelumnya.
  • Selesaikan proses verifikasi dan Masuk.
  • Buka menu Nama Akun dan pilih Sertifikat Vaksin.
  • Jika sudah, Anda maka sertifikat vaksin Anda akan muncul.
  • Unduh untuk menyimpannya pada perangkat Anda.
Baca Juga:  Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19

Hubungi WhatsApp Kemenkes RI

Kemenkes RI memiliki nomor WhatsApp yang dapat Anda hubungi untuk keperluan pelayanan mengenai vaksinasi covid-19. Bagaimana caranya? Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan.

  • Buka aplikasi pesan WhatsApp yang telah terpasang pada ponsel Anda.
  • Selanjutnya, hubungi WA Kemenkes RI pada nomor 081110500567.
  • Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel yang Anda daftarkan ketika vaksinasi.
  • Nantinya, akan muncul pesan SMS berupa kode 6 digit untuk verifikasi pada situs ataupun aplikasi PeduliLindungi.
  • Jika sudah, Anda kemudian bisa mengunduh sertifikat vaksin Anda dengan mengklik Download Sertifikat.
  • Kemudian, masukkan nama dan NIK yang telah terdaftar pada akun PeduliLindungi.
  • Pilih jenis sertifikat vaksin covid-19 yang hendak Anda unduh.
  • Tunggu proses pengunduhan hingga selesai.

Demikian informasi mengenai cara melihat sertifikat vaksin covid-19 yang bisa Anda lakukan. Sertifikat vaksin dapat langsung muncul, atau Anda perlu menunggu hingga beberapa jam, yaitu sekitar 24 jam atau bahkan lebih.

Jika terjadi masalah seperti belum munculnya sertifikat hingga berhari-hari lamanya, maka Anda dapat segera menghubungi PeduliLindungi, sebagai platform yang menangani masalah pengeluaran sertifikat vaksin covid-19 tersebut melalui email, yaitu [email protected], Call Center 119 -> 9, ataupun nomor WA Kemenkes RI 081110500567, dan tuliskan NIK, KTP, tempat tanggal lahir, nomor ponsel, dan foto bersama KTP dan kartu vaksinasi.

Artikel Terkait