Cara Download Sertifikat Vaksin Dijamin Berhasil

Cara Download Sertifikat Vaksin – Apakah Anda baru saja memperoleh Covid-19? Jika ya, maka Anda perlu memahami cara download . Apalagi pandemi virus Corona sampai saat ini pun masih terus berlanjut sehingga peran vaksin masih sangat penting dan vaksin tersebut juga diberikan hingga beberapa kali agar lebih kebal terhadap varian yang baru

Mengapa Perlu Download Sertifikat Vaksin

Vaksinasi Covid-19 saat ini diwajibkan untuk seluruh warga negara Indonesia. Oleh karena itu, sertifikat vaksin pun kini menjadi salah satu syarat untuk mengakses beberapa layanan dan ruang public.

Ketika Anda tidak dapat menunjukkan sertifikat vaksin, maka Anda akan kesulitan untuk mendapatkan ijin masuk atau mendapatkan layanan public tersebut seperti taman bermain, restoran, mall, kantor pajak, bank, dan masih banyak lagi, karena sebagian besar tempat umum saat ini mewajibkan pengunjungnya untuk scan barcode atau menunjukkan sertifikat vaksin.

Setelah menjalani tahap vaksinasi Covid-19, ada sertifikat yang akan diberikan. Ada beberapa tips atau cara download sertifikat untuk dicoba. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya

Download Sertifikat Vaksin Melalui SMS

Setelah Anda mendapatkan vaksin Covid-19 yang pertama, Anda akan mendapatkan SMS dari 1199. SMS tersebut berisi pemberitahuan bahwa Anda telah berhasil mendapatkan vaksinasi tahap pertama termasuk di dalamnya terdapat keterangan nama lengkap, nomor tiket vaksin, NIK, dan jadwal vaksin selanjutnya.

Di dalam SMS tersebut juga dicantumkan link atau tautan untuk melihat dan mengunduh sertifikat vaksin digital sebagai bukti telah menyelesaikan vaksin tahap pertama. Hal serupa juga berlaku untuk vaksinasi dosis kedua dan ketiga.

Baca Juga:  Cara Cetak Sertifikat Vaksin Yang Mudah Dan Aman

Download Sertifikat Vaksin Melalui Situs

Selain SMS, Anda juga dapat mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 dengan cara mengakses laman resmi PeduliLindungi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke laman web PeduliLindungi di https://pedulilindungi.id/
  • Di laman utama web tersebut, pilih menu Lihat Tiket & Sertifikat Vaksin
  • Saat di klik, Anda akan diminta untuk menginput nomor HP yang sudah didaftarkan saat mengikuti program vaksinasi
  • Setelah itu, masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS untuk proses verifikasi
  • Jika sudah berhasil masuk, pilih menu ‘Sertifikat Vaksin’ yang terletak di samping kiri
  • Nanti akan muncul sertifikat vaksin Covid-19 yang sudah dilakukan mulai dari tahap pertama hingga tahap terakhir.

Download Sertifikat Vaksin Melalui Whatsapp

Saat ini, sertifikat vaksin juga sudah dapat diunduh melalui Whatsapp. ini menjadi fitur baru yang hadir di Whatsapp agar dapat merespon pengaduan masyarakat dengan cepat terkait sertifikat vaksin.

Sebelumnya layanan pengaduan terkait sertifikat vaksin biasanya dilakukan via call center 119 dan email. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengunduh sertifikat vaksin melalui Whatsapp.

  • Masuk ke aplikasi Whatsapp dari smartphone Anda.
  • Setelah itu, hubungi nomor Chatbot Whatsapp Sertifikat Peduli Linfungi
  • Selanjutnya muncul pemberitahuan Selamat Datang di laman Whatsapp Resmi milik Kementerian Kesehatan RI. Untuk memulai, klik menu utama > pilih layanan
  • Centang di bagian Sertifikat Vaksin > klik Kirim
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel yang didaftarkan untuk aplikasikan PeduliLindungi
  • Masukkan 6 digit OTP yang dikirimkan ke ponsel Anda dan masukkan kode OTP tersebut
  • Untuk cara download sertifikat vaksin, isi data sesuai permintaan di laman tersebut diantaranya nama lengkap peserta, tanggal lahir, NIK, tanggal mendapatkan vaksinasi, dan jenis vaksin yang diperoleh.
  • Setelah itu, akan muncul pilihan sertifikat vaksin > klik pada kolom sesuai kebutuhan dan selanjutnya akan ditampilkan sertifikat vaksin.
Baca Juga:  Cara Download Sertifikat Vaksin Paling Mudah

Download Sertifikat Vaksin Melalui

Selain melalui 3 cara yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga dapat mengunduh sertifikat vaksin dari aplikasi Peduli Lindungi. Namun sebelum mencoba cara download sertifikat vaksin, Anda harus menginstal dulu aplikasi PeduliLindungi ke ponsel pintar Anda.

Anda dapat mengunduhnya secara gratis dari Google Play Store untuk pengguna Android. Selanjutnya Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Buka atau jalankan aplikasi PeduliLindungi dari smartphone Anda
  • Setelah itu, input nama lengkap serta nomor HP yang digunakan saat pendaftaran vaksin di kolom yang tersedia.
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode OTP yang dikirim via SMS.
  • Buka lagi aplikasi PeduliLindungi dan masukkan kode OTP
  • Setelah berhasil membuat akun di aplikasi tersebut, Anda akan langsung masuk ke halaman utama atau beranda aplikasi
  • Klik ikon Profil untuk mengecek sertifikat vaksin. Ikon tersebut berada di bagian kanan ‘Cari Zonasi’
  • Di menu Profil, klik pada menu ‘Sertifikat Vaksin’ kemudian pilih ‘Periksa’
  • Masukkan NIK dan nomor ponsel yang didaftarkan saat mengikuti program vaksinasi
  • Di laman berikutnya, akan muncul sertifikat vaksin Covid mulai dari tahap pertama hingga tahap terakhir.
  • Jika Anda akan mengunduh sertifikat vaksin tersebut, cukup klik pada salah satu tahap penyuntikan vaksinasi misal tahap 1, tahap 2, atau tahap 3.
  • Jika proses download sertifikat sudah berhasil, maka sertifikat yang sudah diunduh ini akan secara otomatis tersimpan di memori perangkat ponsel.

Bagaimana Jika Sertifikat Vaksin Belum Muncul Setelah Vaksin?

Jika Anda sudah melakukan vaksin, dan sertifikat belum muncul juga meskipun Anda sudah mencoba semua cara di atas, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu sebagai berikut:

  1. Anda dapat mengajukan keluhan melalui email di [email protected]
  2. Untuk format email dapat diisi data nama lengkap sesuai KTP, NIK, tempat tanggal lahir, dan nomor hp
  3. Anda juga akan diminta melampirkan kartu vaksinasi dan foto
  4. Agar keluhan Anda dapat segera diproses, Anda dapat langsung menyampaikan biodata lengkap dan foto selfie dengan menunjukkan KTP untuk memberikan penjelasan mengenai keluhan Anda.
Baca Juga:  Cara Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi Dengan Mudah

Demikian beberapa tips dan covid-19. Setelah Anda mencoba cara download sertifikat vaksin melalui beberapa cara di atas, Anda dapat menyimpannya di galeri ponsel dan dapat mengaksesnya sewaktu-waktu saat dibutuhkan.

Anda juga dapat mencetak vaksin tersebut dalam berbagai ukuran. Ukuran sertifikat vaksin dapat disesuaikan dengan keinginan mulai dari seukuran KTP agar lebih mudah dibawa kemana-mana atau bisa juga setengah halaman HVS, khususnya bagi masyarakat yang sudah lanjut usia.

Kehadiran sertifikat vaksin Covid-19 dalam bentuk digital sebenarnya bertujuan memudahkan masyarakat sehingga cukup menunjukkan layar ponsel untuk memperlihatkan sertifikat tersebut saat ada pemeriksaan.

Sebenarnya Tidak Direkomendasikan

dalam bentuk fisik melalui jasa pencetakan justru tidak direkomendasikan karena beberapa alasan, salah satunya adalah risiko penyalahgunaan data. Kartu vaksin berisi data kependudukan dan informasi pribadi pemiliknya.

Informasi tersebut rentan disalahgunakan, misalnya untuk syarat pengajuan pinjaman online. Akhir-akhir ini cukup banyak jasa pencetakan sertifikat vaksin. Namun jasa tersebut memunculkan resiko kebocoran data. Untuk setelah mempraktikkan cara download sertifikat vaksin, Anda dapat menyimpannya sendiri dan tidak membagikannya kepada orang lain.

Artikel Terkait