Cara Daftar Umkm Online Bisa Lewat Smartphone

Cara Daftar Umkm Online – Perekonomian masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun makin meningkat seiring mulai berkembangnya teknologi yang memudahkan bagi siapapun untuk berjualan mulai skala kecil meski di rumah saja.

Makin majunya teknologi, masyarakat pun semakin kreatif dalam memasarkan produk jualan mereka kepada konsumen lokal hingga mancanegara.

Terlebih saat ini didukung juga dengan program pemerintah terkait pendaftaran secara online dan bisa mendapatkan bantuan modal usaha. Bagaimana cara daftar ?

Apa itu UMKM?

kecil menengah, istilah perekonomian yang ditunjukkan pada jenis usaha yang dimiliki baik secara perorangan maupun dalam bentuk badan usaha, ketetapan UMKM sendiri diatur dalam UU no.20/2008.

UMKM digolongkan dalam beberapa kategori seperti omzet yang diraup per-tahun, jumlah karyawan, jumlah aset yang dimiliki, total kekayaan bersih, tempat usaha, dan lain sebagainya.

Semenjak pandemi tiba pemerintah semakin mendukung majunya usaha yang dijalankan masyarakat, hal tersebut ditunjukkan dengan disediakannya program BLT (Bantuan Langsung Tunai) demi kesejahteraan para pelaku usaha.

Dengan adanya bantuan tersebut memberikan keringanan bagi mereka yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi serta untuk pendaftarannya mudah, masyarakat bisa daftar umkm online 2021 lewat hp.

Siapa Saja Yang Boleh Daftar

Sebelum ikut mendaftar, pastikan Anda termasuk ke dalam kriteria pendaftar yang disyaratkan untuk mengikuti UMKM online dan mendapatkan program BLT, berikut kriteria pendaftarnya.

  • Hanya WNI

Yang diperbolehkan mendaftar program tersebut hanyalah mereka yang berstatus sebagai WNI saja. Sebab dibutuhkan beberapa dokumen identitas seperti KTP, SIM atau KK.

  • Bukan ASN, Pegawai BUMD/BUMN, atau TNI/Polri
Baca Juga:  6 Cara Optimasi Instagram Untuk Kepentingan Bisnis

Kriteria selanjutnya para pendaftar tidak boleh berprofesi sebagai pegawai BUMN/BUMD, TNI atau Polri, serta Aparatur Sipil Negara.

  • Tidak Berada Dalam Masa Meminjam

Pendaftar tidak boleh sedang dalam masa meminjam kepada pihak bank maupun KUR (Kredit Usaha Rakyat).

  • Menjalani Usaha Mikro

Kriteria pendaftar berikutnya yakni sedang menjalani usaha mikro, dibuktikan dengan adanya surat usulan penerima BPUM. Surat tersebut dapat diperoleh melalui UKM setempat atau Dinas Koperasi.

Bagaimana Cara Daftarnya?

Bagi yang sedang menjalani usaha kecil-kecilan jangan sampai melewatkan kesempatan ini. Anda bisa ikuti seperti di bawah ini.

  1. Buka web browser, dan kunjungi alamat oss.go.id lewat smartphone atau PC.
  2. Registrasi terlebih dahulu apabila belum memiliki akun.
  3. Bila sudah memiliki akun, silahkan log-in.
  4. Pilih opsi “Perizinan Berusaha”, kemudian klik “perseorangan”.
  5. Berikutnya mendaftarkan NIB berdasarkan jenis usaha.
  6. Mengisi formulir dengan data yang benar agar memudahkan proses verifikasi.
  7. Simpan data dan ikuti anjuran berikutnya.
  8. Pilih opsi “tambah usaha”, isikan data usaha Anda. Simpan dan lanjutkan prosesnya.
  9. Lihat rangkuman data-data yang telah dimasukkan, pastikan telah benar.
  10. Ceklis pada kotak yang tersedia, lanjut proses NIB.

Ada beberapa informasi tambahan bagi Anda yang akan mendaftar.

  • Jika jenis usaha yang dijalankan berskala kecil, dapat mengajukan izin lingkungan dan lokasi pada bagian komitmen prasarana usaha di formulir tersebut.
  • Bagi usaha mikro yang menuliskan alamat berbeda dari domisili tempat usaha perlu melampirkan dokumen SKU (Surat Keterangan Usaha).

Dokumen yang Perlu Disiapkan

Anda yang ingin mencoba peruntungan dengan daftar umkm online 2021 lewat hp perlu menyiapkan beberapa dokumen untuk mengajukan pendaftarannya.

  • Lampiran Fotokopi KTP.

Dokumen pertama yang perlu disiapkan yakni fotokopi KTP. Pastikan datanya benar dan fotonya terlihat jelas.

  • Lampiran Kartu Keluarga.
Baca Juga:  Dapatkan Legalitas Usaha Dengan Mendaftar Dan Cara Cek UMKM

Berikutnya lampiran fotokopi kartu keluarga dengan data yang tertulis absah dan benar.

  • Lampiran NIB (Nomor Induk Berusaha).
  • Bukti Foto Usaha UMKM.

online selanjutnya yakni calon pendaftar wajib melampirkan bukti foto berupa usaha yang sedang dijalaninya.

  • SPTJM atau Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak.

Surat ini dapat Anda peroleh melalui UKM setempat mau pun Dinas Koperasi.

  • Surat Kepemilikan Usaha

Pendaftar perlu menyiapkan surat-surat kepemilikan usaha seperti SKU (Surat Keterangan Usaha), IUMK (Izin Usaha Mikro), atau pun NIB (Nomor Izin Berusaha).

Jenis Usaha Apa yang Boleh Daftar?

Berikut jenis-jenis usaha yang bisa cara daftar umkm online dan memperoleh bantuan BLT.

Kuliner

kuliner tak pernah lekang oleh waktu, masyarakat kerap memilih jenis usaha ini sebab dinilai lumayan menguntungkan dan potensi pasarnya bisa dari berbagai kalangan.

Usaha kuliner memang punya nilai plus, karena kita bisa berinovasi pada produk yang mampu menarik banyak peminat dan dari bisnis kuliner tersebut membantu dalam menaikkan perekonomian masyarakat.

Fashion

Bisnis yang bergerak dalam bidang fashion masuk dalam jenis usaha yang bisa mendapat bantuan sebab semakin berkembang dan makin banyak peminatnya, hal ini juga seraya dengan gerakan mencintai produk lokal.

Pertanian

Semenjak pandemi, masyarakat juga perlahan mulai belajar bertani yang tak disangka-sangka mendatangkan keuntungan luar biasa. Anda yang ingin mencoba usaha dalam bidang pertanian bisa mendaftar UMKM daring.

Keuntungan dari UMKM Online

Dengan hadirnya program bantuan dari pemerintah ini tentu mendatangkan ragam keuntungan bagi para pelaku usaha yang turut mendaftar. Apa saja keuntungan diantaranya?

Mendongkrak Usaha

Menjalani sebuah usaha kerap kali terkendala oleh modal, kebanyakan para pelaku usaha biasa terkendala dalam menyiapkan modal demi kemajuan bisnis yang sedang dijalankannya.

Baca Juga:  Mudah! Cara Daftar UMKM Secara Online

Berkat adanya program cara daftar umkm online tersebut diyakini mampu membantu masyarakat dalam mendongkrak usaha mereka.

Edukasi Masyarakat

Keuntungan dari UMKM daring ini selain mendapatkan bantuan dana, mereka juga akan teredukasi mengenai pemasaran dengan memanfaatkan teknologi internet. Masyarakat juga bisa mempelajari bagaimana cara memasarkan produknya.

Pemasaran Lebih Luas

Program tersebut memberikan edukasi juga seputar pemasaran melalui internet, dengan begitu para pelaku usaha bisa menjangkau calon konsumen lebih luas lagi dibandingkan dengan cara konvensional.

Tak hanya menjangkau ke berbagai daerah, tetapi dapat memasarkan hingga ke luar negeri.

Transaksi Mudah

Selain cara daftar umkm online mudah, proses transaksi yang dilakukan pun sudah menyentuh digitalisasi, hal tersebut dibuktikan dengan proses pembayaran secara daring melalui m-banking, e-wallet sehingga lebih efisien terhadap waktu.

Hemat Operasional

Gaya usaha konvensional cukup memakan banyak biaya secara operasional seperti menyewa tempat usaha, biaya promosi, gaji pegawai dan sebagainya. Namun, berkat daftar umkm online 2021 lewat hp ini para pengusaha dapat menghemat biaya tersebut.

Anda hanya bisa menjalankan bisnis dari rumah saja melalui PC bahkan smartphone saja.

Mengikuti Perkembangan Jaman

Tiap tahun dunia bisnis akan terus mengikuti perubahan jaman, dari yang sebelumnya orang-orang berbelanja mengunjungi tempatnya secara langsung dan kini mulai beralih hanya dengan menggunakan gadget.

UMKM online terus berinovasi mengikuti perkembangan jaman, sehingga mereka yang sedang menjalankan usaha akan terus maju dan ketinggalan.

Membuka Peluang

Adanya UMKM daring ini membuka peluang bagi siapa pun yang ingin merintis bisnis di era digital serta memperoleh pengalaman, ilmu dan manfaat dalam memajukan usahanya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai UMKM beserta cara daftar umkm online. Segeralah mendaftar untuk majukan usaha Anda. Selamat mencoba.

Artikel Terkait