Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 23 Dan Apa Manfaatnya?

Cara Daftar Kartu Prakerja – Di masa pandemi seperti saat ini, minimnya lapangan kerja memang sangat terasa karena adanya penurunan perekonomian di Indonesia sejak muncuknya virus Covid-19. Akan tetapi, ada salah satu program yang mampu memberikan subsidi kepada beberapa masyarakat yang bahkan belum bekerja agar bisa mendapatkan pelatihan pekerjaan di masa mendatang nantinya dengan cara daftar .

Apa Itu Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja sendiri merupakan salah satu program pengembangan dari potensi kerja serta kewirausahaan. Program ini memiliki tujuan untuk membantu biaya yang ditujukan untuk beberapa pencari pekerjaan yang bahkan terkena PHK atau bahkan seorang pekerja yang ingin meningkatkan kompetensi mereka. Adapun beberapa pekerja yang merupakan seorang pelaku usaha UMKM pun bisa terdaftar sebagai penerima bantuan biaya dari program ini. Bahkan Kartu Prakerja juga ramah difabel sehingga semua masyarakat dari berbagai kalangan pun bisa menggunakan dan mendapatkannya.

Di tahun 2022 ini, Kartu Prakerja sudah memasuki gelombang ke 23. Di mana para pemerintahnya akan melanjutkan berbagai program dari Kartu Prakerja ini sendiri dengan adanya sebuah skema pelaksanaan yang memiliki sifat semi bantuan sosial. Anda bisa mengecek dan membukanya di website resmi Prakerja untuk mendapatkan informasi tambahan terkait pendaftaran gelombang ke 23 di tahun 2022 ini.

Apa Sajakah Persyaratan ?

Meskipun belum ada informasi resmi dari pemerintah tentang kapan dibuka program Kartu Prakerja gelombang ke 23, akan tetapi Kartu Prakerja tetap membuka beberapa masyarakat yang ingin menggunakan dan mengambil program ini di kemudian hari. Sebelum menggunakan layanan dan program ini, maka cek Prakerja terlebih dahulu khususnya syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar program Kartu Prakerja. Beberapa persyaratannya adalah:

  • Seorang Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Sudah berusia 18 tahun ke atas.
  • Calon penerima Kartu Prakerja tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Calon penerima Kartu Prakerja sedang mencari pekerjaan, seorang pekerja maupun buruh yang di PHK, atau seorang pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, baik itu buruh yang sedang dirumahkan, dan pekerja yang bukan penerima upah, beberapa pelaku UMK.
  • Calon penerima Kartu Prakerja bukan penerima bantuan sosial (bansos) lainnya selama pandemi Covid-19.
  • Bukan seorang pejabat negara, pimpinan maupun anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa, perangkat desa dan direksi/komisaris/dewan pengawas di BUMN atau BUMD
  • Pendaftaran Kartu Prakerja maksimal 2 NIK di dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang diperbolehkan menerima program Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Ada 2 cara daftar Prakerja yang dapat Anda lakukan. Pertama adalah membuat akun terlebih dahulu, dan mendaftarkan di gelombang 23 atau gelombang yang akan dibuka pemerintah di tahun 2022 ini. Untuk mendapat jawabannya, simak ulasannya berikut ini!

  • Membuat Akun Prakerja
  • Buka situs resmi Prakerja (prakerja.go.id)
  • Masukkan email yang aktif dan klik tanda panah warna biru di samping kotak email
  • Isilah beberapa data yang dibutuhkan selama pendaftaran baik alamat email, password kemudian klik daftar
  • Anda kemudian akan mendapat pemberitahuan lewat email
  • Bukalah email dan segeralah untuk melakukan verifikasi yang sudah dikirimkan melalui email sebelumnya
  • Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 23
  • Setelah memiliki akun, maka Anda bisa melakukan login akun pada situs resmi Prakerja (prakerja.go.id)
  • Kemudian verifikasi beberapa data seperti KTP dengan melengkapi NIK, nomor KK, tanggal lahir sebagai calon peserta kemudian klik lanjut
  • Lengkapi beberapa data diri yang dibutuhkan dengan baik dan benar
  • Pastikan untuk mengisi nama lengkap calon peserta dan nama ibu kandung calon peserta sudah sesuai (Apabila nantinya terdapat data yang tidak sesuai, segeralah untuk meng hubungi Dukcapil di nomor telepon 1500537, WhatsApp/SMS ke 08118005373, maupun via email [email protected])
  • Unggah foto KTP sesuai ketentuan yang ada di website resminya untuk mempermudah dalam proses verifikasi e-KTP
  • Apabila selesai dalam pengisian data, maka verifikasi nomor HP untuk kemudian klik kirim
  • Kemudian masukkan kode OTP yang akan dikirimkan melalui SMS ke nomot-nomor HP peserta dan kemudian klik verifikasi
  • Isilah kolom Pernyataan Pendaftar yang sesuai dengan kondisi dari calon peserta itu sendiri
  • Apabila semua telah selesai, maka Anda bisa memilih oke
  • Anda akan diarahkan untuk mengisi tes motivasi serta tes kemampuan dasar dengan cara klik “Mulai Tes”
  • Tentukan gelombang yang sesuai dengan domisili dari calon peserta untuk kemudian “Klik Gabung”
  • Nantinya akan muncul sebuah “Surat Persetujuan Prakerja” denga nisi pernyataan. Anda wajib membaca dengan seksama dan klik “Saya Menyetujui” apabila calon peserta benar-benar menyetujui persetujuan yang tersedia

Setelah nantinya pendaftaran akan akun bahkan gelombang 23 selesai, maka pihak Prakerja akan melakukan evaluasi dari hasil tes yang sudah diikuti. Pemberitahuan kelulusan nantinya akan dikirimkan melalui SMS bahkan email setelah gelombang ditutup. Apabila cara daftar kartu Prakerja yang sudah dilakukan pesertanya belum berhasil, maka Anda harus menunggu informasi berikutnya untuk mengikuti gelombang yang berikutnya.

Apa Manfaat dan Kegunaan dari Kartu Prakerja?

Antusiasme dari beberapa masyarakat terkait cara daftar kartu Prakerja 2022 yang semakin tinggi, tentu bukan tanpa alasan. Apalagi ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari Kartu Prakerja sendiri. Untuk beberapa manfaatnya adalah:

1. Mendapatkan Insentif Bulanan

Setelah mendaftarkan diri dan lolos sebagai penerima program Kartu Prakerja ini, maka Anda bisa mendapat bantuan bahkan komisi bulanan sebesar Rp 2.400.000,- yang akan dikirimkan selama 4 bulan. Untuk total insentif bulanan yang akan dikirimkan sebesar Rp 600.000,- setiap bulannya.

2. Membantu Meningkatkan Keterampilan

Sebagai salah seorang penerima Kartu Prakerja, maka Anda pun bisa mendapatkan sebuah kesempatan untuk bisa mengikuti program pelatihan dari beberapa mitra Prakerja. Anda bisa menentukan dan memilih bidang mana yang sesuai dengan kemampuan. Baik memasak, menjahit, bidang teknologi, bidang keuangan dan masih banyak lagi lainnya.

3. Mendapatkan Potongan Biaya Pelatihan

Selama mengikuti pelatihan Prakerja ini, kita akan diberikan dana atau saldo oleh pemerintah. Di mana nantinya saldo inilah yang akan dapat kita gunakan untuk membeli beberapa pelatihan yang sudah tersedia dalam website atau dalam program Kartu Prakerja itu sendiri. Bahkan bukan hanya mendapat saldo dari pemerintah saja, bahkan beberapa mitra pelatihan yang ada juga memberikan diskon pelatihan bagi beberapa calon pesertanya. Sehingga saldo dari pemerintah bisa tersisa dan bisa Anda gunakan untuk membeli pelatihan lain dengan mitra Prakerja yang telah tersedia.

Jadi, itulah informasi terkait cara daftar kartu Prakerja yang sangat mudah. Bahkan pendaftarannya pun dapat dilakukan menggunakan HP atau menggunakan smartphone saja. Selain itu, Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mendaftarkan diri dengan program Kartu Prakerja di tahun 2022 ini.

Artikel Terkait