Cara Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi Dengan Mudah

Cara Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi – Masyarakat akan memperoleh sertifikat setelah mereka melakukan . Sertivikat yang telah diperoleh tersebut dapat dilihat dan diunduh juga nantinya untuk keperluan umum karena saat ini hampir semuanya memerlukan sertifikat. Lantas bagaimana cara vaksin tanpa aplikasi ? Tenang saja karena disini akan diberitahukan caranya.

Apa Itu Sertifikat Vaksin Covid-19?

Sertifikat merupakan sebuah tanda bukti bahwa Anda sudah selesai melakukan vaksinasi Covid-19. Sertifikat ini nantinya akan diberikan kepada Anda setelah berhasil melakukan vaksinasi. Umumnya sertifikat vaksinasi tersebut terdapat dan sudah dapat dilihat pada aplikasi resmi ataupun website resmi dari PeduliLindungi.

PeduliLindungi sendiri merupakan sebuah platform yang mana semua informasi terkait dengan seluruh vaksinasi di Indonesia dapat dilihat disitu. Walaupun seperti itu, nyatanya Anda masih dapat untuk memperoleh informasi terkait sertifikat vaksinasi dengan melalui chatbot WhatsApp ataupun SMS dari PeduliLindungi. Sertifikat ini nantinya akan diberikan setelah Anda selesai melakukan vaksinasi sebanyak 2 tahap.

Selain hal itu, Anda juga dapat melihat kode QR beserta ragam lambang dari instansi negara. Bahkan saat ini vaksinasi Covid-19 telah memegang peran penting apabila Anda ingin mengakses beberapa tempat, misalnya saja mall. Selanjutnya sertifikat vaksinasi saat ini juga telah menjadi syarat akses ke beberapa layanan ataupun fasilitas umum.

Untuk Apa Sertifikat Vaksin Covid-19?

Seseorang yang telah mempunyai akan mendapatkan akses ke beberapa layanan dan tempat umum. Yang paling berpengaruh dari sertifikat ini adalah fakta bahwa adanya pembatasan fasilitas dan akses umum bagi siapapun yang tidak mempunyai sertifikat vaksinasi Covid-19. Sampai pandemi berakhir, adanya sertifikat ini akan memberikan beberapa manfaat seperti di bawah ini:

Baca Juga:  Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19

1. Syarat Menggunakan Transportasi Umum

Sertifikat vaksinasi Covid-19 saat ini menjadi salah satu syarat untuk dapat mengakses layanan transportasi umum. Padahal sebelumnya masyarakat dapat bebas untuk melakukan perjalanan dengan kapal laut, kereta api, ataupun pesawat terbang.

Namun, di era pandemi ini untuk dapat menggunakan transportasi umum selama bepergian harus menunjukkan adanya sertifikat vaksin. Karena apabila tidak, maka Anda tidak akan dapat mengakses semua fasilitas dari transportasi umum tersebut. Sehingga solusi yang harus Anda lakukan adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

2. Syarat Mengakses Gedung atau Area Umum

Alasan penting lainnya mengapa Anda harus mengetahui terkait dengan tanpa aplikasi PeduliLindungi dan mengunduhnya adalah adanya informasi bahwa untuk bisa mengakses beberapa tempat harus menunjukkan adanya sertifikat vaksin. Misalnya saja ketika Anda pergi ke mall, pusat kebugaran, restoran, tempat wisata, dan lain sebagainya.

Memang tidak seluruh tempat umum mewajibkan menunjukkan sertifikat vaksin untuk dapat mengakses fasilitasnya. Namun, di beberapa kota besar persyaratan sertifikat vaksinasi ini wajib dan cakupannya juga luas karena sudah diterapkan di berbagai tempat.

3. Syarat Mengikuti Kegiatan

Sadar tidak sadar, saat ini ketika ingin menonton konser, pertandingan sepak bola, dan lain sebagainya hanya dapat dilakukan bagi mereka yang sudah vaksinasi. Cara tersebut akan menunjukkan bahwa Anda ketika sudah divaksin, maka harus sudah mendapatkan sertifikatnya.

Memang semuanya tidak menerapkan aturan itu, tapi apabila ternyata persyaratan tersebut benar-benar telah diterapkan untuk semua tempat dan ternyata Anda tidak mempunyai sertifikatnya, maka akan menjadi masalah.

Cek Sertifikat Vaksin

Apabila Anda telah menjalani vaksinasi selama dua tahap, maka akan memperoleh dua sertifikat. Anda bisa mengunduhnya dengan beberapa cara tanpa harus mempunyai aplikasi PeduliLindungi. Ini dia caranya:

Baca Juga:  Cara Cetak Sertifikat Vaksin Yang Mudah Dan Aman

1. Melalui SMS

  1. Apabila Anda telah selesai melakukan vaksin, tentunya akan mendapatkan SMS yang berasal dari nomor 1199 yang isinya menyatakan bahwa Anda telah berhasil mengikuti vaksinasi pada tahap pertama.
  2. Selain itu, di SMS yang tadi juga akan terdapat nomor NIK, jadwal vaksin dosis kedua lengkap beserta lokasi dan juga tanggal, nomor tiket vaksin, serta nama lengkap.
  3. Di dalam SMS tersebut juga akan dicantumkan link untuk dapat melihat sertifikat vaksin Anda secara digital sebagai salah satu bukti bahwa Anda telah selesai melakukan vaksin.

2. Melalui Situs PeduliLindungi

  1. Kali pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara mengunjungi situs resmi dari PeduliLindungi dengan cara mengklik situs PeduliLindungi tersebut.
  2. Selanjutnya pada halaman utama pilihlah Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi.
  3. Kemudian ketika dipilih, maka selanjutnya Anda harus memasukkan nomor HP yang sebelumnya telah Anda daftarkan untuk program pelaksanaan vaksinasi.
  4. Lalu masukkanlah kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS supaya bisa melakukan proses verifikasi.
  5. Setelah Anda berhasil masuk, pilihlah menu Sertifikat Vaksin yang letakkan berada di samping kiri.
  6. Selanjutnya akan muncul sertifikat vaksin baik tahap pertama ataupun tahap yang kedua.

3. Melalui WhatsApp

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan masuk ke aplikasi WhatsApp.
  2. Lalu hubungilah nomor chaboot
  3. Selanjutnya sertifikat dari PeduliLindungi akan keluar tulisan Selamat Datang di WhatsApp Resmi Kemenkes RI. Untuk Memulai Silahkan Pilih Menu Utama dan Pilih Layanan. Ketika Anda sudah melihat tulisan tersebut, tentunya langkah berikutnya adalah dengan memilih Menu Utama.
  4. Lalu centanglah di pilihan Sertifikat Vaksin dan pilih
  5. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang telah Anda daftarkan pada aplikasi PeduliLindungi.
  6. Agar dapat mengunduh sertifikat vaksin, maka Anda harus memasukkan data-data yang dibutuhkannya seperti NIK, nama lengkap, jenis vaksin, tanggal vaksin, dan tanggal lahir.
  7. Lalu akan muncul sebuah pilihan Sertifikat Vaksin dan silakan pilih kolom yang dibutuhkan serta nantinya akan muncul sertifikat vaksinasi Anda.
Baca Juga:  Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin, Aman Dan Mudah!

Bagaimana Ketika Sertifikat Vaksin Belum Tersedia?

Apabila vaksin tanpa aplikasi PeduliLindungi sudah Anda lakukan dengan benar seperti cara di atas dan Anda masih belum memperoleh sertifikatnya. Tentunya Anda harus mencari solusi yang lain. Tenang saja karena disini akan diberikan solusi terkait permasalahan tersebut.

Umumnya sertifikat vaksin akan muncul setelah lebih dari 24 jam setelah Anda selesai vaksin. Ketika hingga beberapa minggu atau bulan ternyata sertifikatnya belum muncul, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah seperti di bawah ini:

  1. Kali pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengajukan keluhan melalui email ke PeduliLindungi.
  2. Selanjutnya silahkan buat pesan email dengan format NIK KTP, nomor ponsel yang terdaftar ketika Anda melakukan vaksinasi, tempat tanggal lahir, foto KTP, foto kartu vaksinasi, dan nama lengkap.
  3. Selanjutnya Anda harus mengirim keluhan tersebut ke alamat email [email protected]
  4. Selain itu Anda juga dapat mengajukan keluhan dengan melalui Chatbot WhatsApp Kemenkes RI dengan nomor 081110500567.
  5. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghubungi call center 119 dan selanjutnya memilih ekstensi 9.

Itulah beberapa informasi mengenai bagaimana cara cek sertifikat vaksin tanpa aplikasi PeduliLindungi dan juga informasi tambahan lainnya terkait dengan sertifikat vaksin yang tidak dapat muncul.

Artikel Terkait