Cara Cek Bansos Kemensos go id Dan Jenis Bansos

Cara Cek Bansos Kemensos go id – Mulanya bansos gencar saat pandemi naik pada bulan Februari 2020 silam, banyak pihak yang mengalami paceklik ekonomi karena ladang penghasilan mereka harus gulung tikar dan sebagian tutup sementara. Untuk mengatasi minusnya ekonomi tersebut, pemerintah memberikan bansos atau bantuan sosial dalam bentuk tunai dan non tunai.

Apakah bansos hanya untuk yang kurang mampu saja, ataukah semua?

Bansos diberikan untuk semua kalangan terutama bagi mereka yang memiliki kendala ekonomi sangat di bawah standar. Bentuk bansos ada banyak sekali, tunai berupa uang dan nontunai berupa subsidi listrik, beras, atau data internet sekolah. Setiap bentuk bansos tersebut akan diperoleh bagi semua pihak yang telah terdaftar di akun situs bansos.kemensos.go.id. Namun, calon penerima tetap harus melewati pejabat lokal untuk mendapatkan data fisik seperti KTP, KK dan sebagainya. Kemudian nantinya naik ke Kantor Kelurahan dan Kecamatan untuk dilakukan seleksi. Untuk bansos yang rata mendapatkan semua, secara nominal tidak terlalu besar tetapi bisa untuk membantu warga bertahan dalam jangka waktu 1-2 bulan. Misalnya, warga yang mendapatkan jatah beras 10 kg per bulannya maka bisa dibuat untuk bertahan selama waktu tertentu.

Ada juga bansos berupa uang tunai senilai Rp. 200 ribu – Rp. 300 ribu per bulan dengan tujuan untuk membeli obat-obatan, periksa, atau membeli lauk pauk. Bentuk subsidi bagi kalangan menengah ke atas tetap diberikan tetapi tidak utuh 100%, misalnya listrik 900 watt diberikan keringanan sebesar 25% selama 3 bulan. Jadi, pemilik listrik 900 watt lebih hanya akan membayar separuh dari token bulanan sebelumnya.

Jenis bansos apa saja yang disediakan oleh pemerintah?

Terdapat 5 jenis bansos yang akan diterima:

1. Uang tunai

Bansos uang tunai diberikan untuk keluarga di seluruh Indonesia dengan syarat memang membutuhkan, misalnya bagi keluarga dengan jumlah anggota banyak tetapi tulang punggung hanya 1 orang saja. Besarnya uang tunai ini bervariasi, kisaran Rp. 200 ribu – 600 ribu tanpa adanya pemotongan.

Untuk uang tunai akan diberikan langsung dari pemerintah daerah ke tangan secara utuh. Penerima uang tunai sebelumnya bisa kemensos go id status terima tidaknya lewat situs bansos. Jika Anda tercantum sebagai penerima tetapi hingga waktu tertentu tidak ada bantuan maka bisa dilakukan komplain.

2. Sembako

Bansos sembako berisi semua bahan pokok seperti kecap, gula, telur, tepung, dan sebagainya. Bahkan ada bansos sembako senilai Rp. 200 ribu yang dialokasikan dalam bentuk sayuran, lauk tetapi harus dalam kondisi segar, tidak basi. Kesemua sembako tersebut bisa digunakan untuk mencukupi sebagian kebutuhan harian.

Untuk bansos ini hampir semua kalangan menerima sehingga tidak terjadi kesenjangan.

3. UMKM

adalah bantuan dari pemerintah untuk pelaku usaha, secara khusus usaha kecil yang terdampak efek korona. Besarnya bansos UMKM ini Rp. 1,2 juta untuk 1 pelaku usaha yang ditargetkan untuk 3 juta orang. Untuk mendapatkan bansos ini, pejabat lokal akan menyeleksi data mentah pengusaha UMKM yang benar-benar telah lama membuka usaha. Misalnya, pedagang kecil, pedagang keliling yang penghasilan hariannya tidak mencapai target normal.

Cara cek bansos UMKM ini lewat situs www.eform.bri.co.id/bpum. Jika nama Anda tercantum dalam daftar UMKM tersebut maka tinggal klik waktu dan tempat penerimaan per kecamatan untuk memesan nomor antrian. Setelah mendapat jatah nomor antrian dan waktunya, tinggal Anda datang dengan membawa identitas KTP ke bank yang dituju, biasanya Bank BRI.

Manfaat bansos tersebut diharapkan bisa digunakan untuk mengelola kembali usaha yang berbuntut macet selama pandemi. Menambah modal usaha yang prospek lainnya agar pemasukan tidak hanya dari 1 sumber saja.

4. Keringanan listrik

keringanan listrik ini juga diberikan untuk semua pihak warga baik kelas atas atau bawah. Pemerintah memberikan persentase listrik gratis untuk 40%, 30% kelas menengah dan sisanya membayar penuh untuk kelas perusahaan yang masih beroperasi. Bagi warga kecil, listrik gratis diberikan selama 3 bulan pertama yang kemudian diperpanjang lagi untuk daya 450 watt.

Listrik 450 watt dengan jenis pulsa nantinya diberikan cara cek bansos listriknya dengan membuka situs listrik gratis untuk mendapatkan token. Begitu juga dengan listrik 900 watt ke atas yang memperoleh diskon pembayaran. Misalnya, bulan Januari Anda membayar listrik 900 watt sebesar Rp. 250 ribu, kemudian bulan Februari akan diberikan diskon 25%. Sedangkan untuk listrik di atas 900 watt tetap dibayarkan penuh.

5. Bulog

Bagi Anda yang memiliki kartu PKH, kartu sembako, atau BLT berhak mendapatkan bantuan beras 10 kg untuk 1 rumah selama pandemi belum usai. Bantuan beras ini bukanlah beras jatah yang kualitasnya buruk tetapi beras dengan kualitas baik dan layak makan. Jika Anda mendapatkan beras dengan kondisi buruk, berkutu atau remuk segera komplain ke pihak pusat untuk segera diganti.

Cara cek bansos, apakah Anda kandidat penerimanya?

Untuk cara cek bansos kemensos go id, Anda bisa membuka situs bansos.kemenkos.go.id secara umum. Nantinya akan muncul kotak dialog dengan kolom wilayah penerima, nama penerima, kode dan cari data. Anda klik masing-masing kolom sesuai wilayah masing-masing. Untuk kode ditulis sesuai dengan petunjuk lalu klik cari data. Apabila kode yang Anda masukkan salah bisa reload dengan meng-klik tAnda panahnya. Kode dibuat unik dan bergelombang untuk menghindari kejahatan virtual.

Jika nama Anda muncul maka termasuk kandidat penerima bansos.

Tetapi, khusus untuk bansos UMKM karena bekerja sama dengan Bank BRI maka cara mengeceknya lewat situs www.eform.bri.co.id/bpum

Bansos yang pemerintah bagikan ditujukan untuk warga yang secara keseharian pas-pasan untuk makan dan dengan bantuan uang tersebut mampu membuka usaha yang bisa menaikkan nilai ekonomi dalam keluarga kecilnya.

Kapankah pencairan bansos?

Waktu pencairan bansos berbeda-beda tergantung jenisnya, untuk bansos UMKM termasuk dalam waktu terlama,12 bulan setelah pengajuan. Mengapa?

Karena bansos UMKM harus melewati tahapan observasi, seleksi guna mendapatkan sasaran yang pas. Jika UMKM semua direkrut tanpa memperhatikan perkembangan usaha ke depan. Jika usaha di depan terus berlanjut berarti kesejahteraan ekonomi mandiri bisa stabil tetapi jika usaha hanya bertahan dalam kurun waktu tertentu saja maka subsidi UMKM terpaksa di non aktifkan mungkin karena dinilai tidak bisa mengelola modal yang ada.

Sedangkan untuk bansos jenis lain, waktu pencairannya rutin 2-3 bulan sekali secara bertahap, bulan pertama mendapatkan bansos, diikuti bulan berikutnya.

Pemerintah memberikan kebijakan untuk warga jika memiliki kartu PKH tidak mendapatkan bansos UMKM. Bagi warga kelas atas kemungkinan kecil untuk mendapatkan bansos, tapi hal itu tidak menjadi masalah karena kelas atas banyak juga yang membantu selama pandemi. Tahun 2022, pemerintah tetap terus memberikan bansos sesuai dengan sasara yang telah terdaftar. Cara cek bansos kemensos go id bisa lewat ponsel android atau komputer dengan jaringan internet terbaik.

Artikel Terkait