Beginilah Cara Screenshoot Di Laptop Yang Benar

Cara Screenshoot Di Laptop – Screenshoot bertujuan untuk merekam atau mengambil gambar pada sebuah layar tanpa harus menggunakan kamera secara langsung. Kegiatan ini biasa dilakukan pada layar ponsel ataupun laptop. Jika Anda ingin mengambil kondisi sebuah layar laptop, ada beberapa cara untuk mengambil gambarnya tersebut.

Untuk melakukan cara screenshoot di Laptop pada dasarnya cukup mudah, dan bisa dilakukan oleh siapapun termasuk yang agak buta teknologi. Karena hal tersebut bisa dipelajari dengan mudah dan cepat. Hal seperti ini pun bukan bergantung pada jenis laptopnya, karena umumnya hampir semua laptop memiliki cara yang sama.

Cara Screenshoot Laptop Berbasis Windows

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa mencoba cara screenshoot di laptop tidaklah sulit tapi ada beberapa metode yang bisa dipilih. Salah satunya adalah melakukan screenshoot dengan laptop berbasis Windows Ada beberapa caranya, yaitu :

1. Tombol Print Screen + Paint

Cara pertama yang dilakukan pada laptop berbasis windows adalah menggunakan tombol print screen + paint untuk melakukan screenshoot yang cukup mudah melalui beberapa cara ini yaitu:

  • Tekan tombol print screen di bagian kanan atas keyboard, yang artinya sedang merekam layar
  • Buka aplikasi Microsoft Paint, untuk menempelkan atau melakukan paste kembali dari yang tadi sudah di screenshoot. Atau bisa juga menekan tombol control V (ctrl V) untuk menyalinnya pada aplikasi.
  • Edit gambar pada aplikasi tersebut sesuai kebutuhan
  • Simpan gambar pada laptop seperti biasa, atau bisa dengan menekan Ctrl S untuk menyimpan hasil dari cara screenshoot di laptop

2. Tombol Alt + Print Screen

Selanjutnya cara merekam layar laptop pada tipe kali ini juga bisa menggunakan cara menekan tombol Alt + print screen. Diantaranya dengan cara berikut:

  • Buka terlebih dulu bagian layar yang akan discreenshoot
  • Tekan tombol Alt + Print screen, barulah gambar tersimpan di clipboard
  • Buka Microsoft Paint untuk melakukan penyimpanan gambar
  • Simpan gambar dan atur format menjadi JPEG.

3. Tombol Windows + Print Screen

Menekan tombol windows + print screen juga termasuk salah satu cara praktis yang bisa dilakukan selain dua cara sebelumnya. Karena, dengan cara inipun Anda bisa dengan mudah melakukan cara screenshoot di laptop. Yaitu, melalui cara:

  • Buka halaman layar laptop untuk mulai melakukan screenshoot
  • Pastikan Anda menekan tombol windows dan print screen bersamaan.
  • Screenshoot berhasil dilakukan jika layar sudah berkedip, bahkan hasilnya pun sudah langsung tersimpan pada direktori tanpa harus melakukan apapun lagi.

4. Tombol Windows + Shift + S

Cara terakhir pada laptop berbasis windows ini adalah menekan tombol windows + shift + huruf S. cara ini pun diketahui dapat mempermudah melakukan screenshoot tadi. Diantaranya dengan cara:

  • Buka bagian halaman atau jendela pada laptop, tentunya bagian yang akan discreenshoot.
  • Tekan pada tombol Windows + shift dan huruf S secara bersamaan, guna merekam layar sekaligus mengaktifkan sebuah aplikasi Snip and sketch.
  • Jika layar sudah berubah menjadi abu-abu dan kursornya menjadi sebuah ikom, maka saatnya Anda menarik bagia yang akan discreenshoot tadi.
  • Secara otomatis file tersimpan dari aplikasi yang tersedia tadi, dan klik ikon save.

Beberapa cara di atas hanya diperuntukkan bagi laptop yang memang memiliki basis atau menggunakan versi Windows. Selain itu tidak akan bisa, karena memang tidak sama.

Screenshoot dengan Layar Mac OS

Berbeda lagi dengan tipe untuk layar Mac OS, karena dua tipe tersebut memang memiliki perbedaan yang sangat kentara. Termasuk dengan cara screenshoot di laptop pun pasti ada sedikit perbedaan. Adapun caranya jika menggunakan Mac OS tersebut adalah :

1. Tombol Shift + Command + 3

Cara pertama adalah dengan penggunaan tombol shift bersamaan dengan tombol command dan angka 3, praktisnya adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman pada layar laptop
  • Tekan dengan menahan tombol shift juga command dan 3 secara serentak
  • Seperti halnya melakukan screenshoot, jika layar berkedip seperti sedang memotret artinya screenshoot sudah dilakukan dan akan terlihat sekilas hasilnya pada bagian sudut layar bawah. Barulah file akan tersimpan otomatis pada desktop.

2. Tombol Shift + Command + 4

Cara kedua hampir sama, hanya berbeda sedikit dengan sebelumnya. Yaitu, cara screenshoot di laptop dengan tombol shift + command + 4 yang cukup mudah. Diantaranya:

  • Siapkan halaman yang akan discreenshoot.
  • Mulai tekan tombol shift + commands dan 4 sama seperti sebelumnya.
  • Jika kursor berubah menjadi ikon bidik, mulailah melakukan screenshoot dengan menarik atau men-drag layar yang akan direkam tadi.
  • Jika sudah yakin dilakukan, maka lepas kursor dan hasil jepretan tersimpan pada desktop.
  • Cara membatalkan tersebut juga sangat mudah, yaitu hanya dengan menekan tombol escape (esc).

3. Tombol Shift + Command + 5

Bagian terakhir dari cara pada layar Mac OS untuk melakukan screenshoot adalah menggunakan tombol yang sama dengan satu perbedaan, yaitu tombol angkan 5. Inilah tahapnya:

  • Seperti biasa membuka layar yang akan disimpan dengan cara screenshoot.
  • Cara screenshoot di laptop ini haru menekan tombol shift + command dan 5 secara bersamaan. Dan tekan escape untuk sekedar membatalkannya, cukup menekan tombol escape pada bagian pojok kiri atas.

Itulah beberapa cara yang diperuntukkan bagi layar laptop Mac OS, terlihat sedikit ada perbedaan dengan cara yang dilakukan pada laptop sebelumnya. Namun, tetap saja cara screenshoot di laptop apapun bentuk dan jenisnya tidak akan terlalu sulit.

Standarisasi Melakukan Screenshoot di Laptop

Informasi di atas merupakan cara screenshoot di laptop berdasarkan masing-masing tipe bawaan laptopnya sendiri. Tapi pada dasarnya melakukan screenshoot pada laptop sudah sangat umum dan mudah, bahkan tanpa aplikasi. Karena, beberapa ikon atau tombol standar sering dipergunakan. Yaitu seperti misalnya:

1. Tombol Print Screen

Sebenarnya melakukan cara screenshoot di laptop hanya perlu berpatokan pada tombol yang paling berhubungan, yaitu print screen. Karena, tombol ini yang paling menggambarkan langsung dan bisa ditekan secara langsung atau bersamaan dengan tombol lain.

2. Tombol Shift

Tombol kedua ini juga merupakan pendukung yang paling sering digunakan, terutama saat melakukan screenshoot seperti ini. Bisa ditekan bersama dengan tombol huruf S, ataupun dengan tombol lainnya.

3. Tombol Alt

Tidak hanya tombol shift, tetapi tombol alt pun hampir sama fungsinya. Oleh karena itu, tombol inipun sering digunakan untuk cara-cara seperti ini bahkan selain melakukan screenshoot juga sering digunakan.

4. Snipping Tools

Hal yang terakhir adalah menggunakan aplikasi bawaan snipping tools, dimana cara ini masih dibilang lumayan praktis. Terutama saat pemilihan bagian yang akan discreenshoot bisa langsung dipilih.

Dari beberapa cara di atas melalui dua metode yang berbeda dengan dua jenis layar laptop yang berbeda, tetap memberikan kemudahan Anda untuk melakukan cara screenshoot di laptop. Cara manapun tetap menunjukkan betapa mudahnya melakukan screenshoot tersebut, hanya perlu penekanan selanjutnya dalam cara menyimpan file ataupun mengatur formatnya.

Artikel Terkait