Beberapa Software Desain Untuk Mengedit dan Membuat Gambar yang Ramah Untuk Pemula

Skill editing sudah menjadi hal yang sangat lumrah di masa saat ini baik itu untuk hal-hal yang bersifat hiburan seperti membuat meme. Namun juga digunakan untuk hal-hal yang lebih serius seperti membuat logo, poster, banner, dan sejenisnya. Oleh karena itu sedikit banyak anda setidaknya harus memiliki skill ini. Maka dari itu artikel ini akan perekomendasikan beberapa software desain grafis yang bisa anda gunakan untuk belajar mengedit ataupun membuat gambar lewat laptop/PC. Berikut penjabarannya

yang satu ini pasti sudah sering anda dengar karena memang cukup populer digunakan oleh mereka yang berkecimpung di dunia editing fotografi. Ya, sebenarnya software tersebut memang dirancang spesifik untuk membantu fotografer  supaya foto yang diambil terlihat lebih estetik. Meskipun demikian fitur-fitur yang tersedia dalam adobe photoshop juga memfasilitasi kebutuhan desain grafis yang lain seperti pembuatan banner, pendesainan logo, dan hal yang sejenis lainnya

Selain karena memang software ini tidak ribet, pemula juga cocok menggunakan adobe photoshop karena sudah tersedia buku panduannya. Mulai dari buku digital sampai buku hard cover sudah tersedia baik tutorial untuk pemula sampai tingkat lanjut.

Software desain berikutnya yang akan dibahas masih keluaran dari adobe yaitu adobe illustrator.  Jika anda memiliki keinginan untuk tidak sekedar mengedit yang simple tapi juga berkreasi menciptakan tipografi, sketsa yang lebih kompleks maka aplikasi software desain ini adalah yang paling tepat. Software ini menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan anda untuk menyelesaikan desain vektor sekompleks apapun secara efisien. Fitur itu antara lain touch type dan free transform.

Baca Juga:  Pilihan Software Desain Rumah Yang Cocok Dipelajari Bagi Pemula

Terlebih adobe ilustrator juga menyediakan berbagai plugin yang akan mempermudah pembuatan web atau landing page jadi lebih menarik. Apalagi pada versi terbaru software desain ini  ditambahkan fitur creative cloud.Namun sayangnya adobe ilustrator bukan aplikasi yang bisa anda instal gratis, perlu merogoh kocek cukup dalam supaya anda bisa menggunakannya.

Selain dua aplikasi keluaran adobe yang sudah dibahas di atas, tidak lengkap rasanya membicarakan mengenai masalah desain grafis bila tidak melibatkan corel draw. Aplikasi ini banyak menawarkan kelebihan-kelebihan yang membuatnya populer. Adapun kelebihan-kelebihan yang dimiliki corel draw adalah :

  1. Dengan corel draw anda mempunyai kontrol penuh untuk membuat proses pendesainan yang dibuat jadi lebih cepat namun dengan hasil yang jelas berkualitas. Apalagi jika Corel Draw yang anda gunakan sudah pada versi X5 ke atas. Anda akan memperoleh fitur bantuan yang disebut   inbuilt organizer. Fitur ini dapat anda aktifkan saat terhubung dengan internet di mana anda akan mendapatkan bantuan dari sistem dan sesama pengguna bagaimana mengoptimalkan desain
  2. Terdapat  tools tambahan di dalamnya seperti :
  3. Twirl,  memberikan efek seperti lingkaran berbentuk pusaran pada objek yang akan didesain
  4. Smear, memberikan perubahan pada garis tepi dari objek dengan cara drag atau menyeret garis outlinenya
  5. Attract dan repel,  mengubah bentuk objek dengan cara anda arahkan kursor ke objek lalu klik dan tahan pada bagian yang akan diubah.
  6. Attract, tool ini membuat proses mengedit objek vektor menjadi lebih simple dan mudah. Panduan Alignment memungkinkan kamu untuk memposisikan objek pada image sesuai dengan kebutuhan.
  7. Anda bisa berkreasi membuat atau mengedit objek berukuran besar karena software desain ini dijamin mengakomodasi kebutuhan tersebut.
Baca Juga:  Pilihan Software Desain Rumah Yang Cocok Dipelajari Bagi Pemula

Artikel Terkait