6 Cara Optimasi YouTube Yang Harus Anda Ketahui

Menjadi seorang YouTuber tidaklah mudah. Bagi Anda yang baru menggeluti konten dari pemula, tentu harus memiliki strategi khusus agar Anda banyak ditonton. Cara supaya video banyak ditonton tentunya Anda harus muncul di atas mesin pencarian YouTube. Cara ini dapat Anda lakukan dengan .

dilakukan agar Anda dapat memenangkan persaingan di hasil pencarian . Dengan menerapkan yang tepat, tentunya video Anda akan mendatangkan banyak tontonan hingga ratusan ribu. Langkah mengoptimasi video YouTube Anda, setidaknya harus dilakukan dengan 6 langkah ini.

Riset Kata Kunci / Keyword

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk optimasi YouTube adalah meriset kata kunci sebelum membuat video. Tentunya kata kunci yang digunakan harus sesuai dengan tema video yang Anda kuasai. Apakah video Anda ingin membuat seputar tentang makanan, kecantikan atau yang lain?.

Selain itu, Anda juga bisa menganalisa apa yang sedang tren di YouTube saat ini. Anda bisa menggunakan fitur autocomplete atau Trends untuk melihat apa yang sedang ramai dibahas pada hari ini.

Membuat Video Kualitas Terbaik

Selain mencari kata kunci yang tepat, buatlah video dengan kualitas terbaik agar disukai oleh YouTube itu sendiri seperti memperhatikan kualitas editing, orisinalitas video atau . Video yang dibuat juga sebaiknya memiliki durasi yang agak panjang sekitar 5 menit ke atas agar dapat dimonetisasi. Dengan hal ini Anda juga bisa optimasi YouTube Adsense untuk menghasilkan penghasilan lebih lagi.

Baca Juga:  Mengenal SEO Youtube Agar Konten Anda Makin Dibanjiri Viewers!

Saat membuat video juga, Anda harus mempertimbangkan selera penonton yang ingin dituju. Anda juga harus memasang thumbnail yang menarik agar penonton mau mengklik video Anda.

Meletakkan Kata Kunci yang Tepat

Jika sudah meriset kata kunci dan membuat video dengan baik, hal yang selanjutnya untuk optimasi YouTube adalah memberi judul video sesuai dengan kata kuncinya. Karena jika nama video sama dengan keyword, mesin pencari Google akan mudah menemukan video Anda. Tentunya kata kunci tersebut berpengaruh sangat baik bagi SEO video Anda di YouTube.

Letakkan kata kunci setidaknya di dalam judul, tag dan deskripsi video di YouTube Anda. Berilah penambahan kata yang menarik agar judul dan deskripsi yang ditampilkan tidak monoton untuk dibaca.

Meningkatkan Reputasi Kanal YouTube

Tingkatkan channel YouTube Anda agar mendapatkan reputasi yang baik. Reputasi  channel yang baik merupakan tanda yang positif terhadap video-video di dalamnya. Channel yang baik memiliki relevansi yang tinggi antara satu video dengan video lainnya. Karena lamanya waktu yang dihabiskan oleh penonton untuk menyaksikan video Anda di YouTube, akan mempengaruhi tingkat relevansi channel Anda.

Promosi Video

Mempromosikan video merupakan salah satu cara optimasi YouTube yang mudah dilakukan terutama bagi pemula. Dengan membagikan video Anda ke atau situs lain, tentunya akan mengundang banyak penonton untuk mengklik video Anda.

Gunakan media sosial yang tepat untuk mempromosikan video atau channel Youtube Anda. Anda juga dapat membagikan video ke komunitas-komunitas yang sesuai dengan bidang di pembahasan video Anda. Semakin banyak penonton yang menyaksikan video Anda dari promosi tersebut, maka peluang penghasilan Anda tentu akan semakin besar.

YouTube Analytics

Manfaatkan YouTube Analytics untuk mengevaluasi konten video di YouTube Anda. Anda akan mendapatkan data YouTube Analytics semua video mulai dari jumlah tontonan, waktu tonton, jumlah subscriber dal lain-lain. Dengan data tersebut, Anda dapat menganalisa apa yang perlu ditingkatkan untuk optimasi YouTube Anda selanjutnya.

Baca Juga:  Cara Download Video Youtube Melalui Smartphone Android

Artikel Terkait